Liga 1 Tak Bisa Berjalan Tanpa Rekomendasi BOPI

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Kemenpora | Editor: Dedi Hermawan | 4 April 2017

SPORTKU.COM

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta PT Liga Indonesia Baru untuk menyerahkan dokumen kelengkapan sebelum menggelar kick-off pada 15 Mei.

Rencana kick off Liga 1 pada 15 Mei 2017 mendatang bisa saja batal digelar bila PT Liga Indonesia Baru selaku operator tidak juga mendapat rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Pasalnya sebelum menerbitkan surat rekomendasi terkait kick off Liga 1 dan Liga 2, BOPI selaku kepanjangan tangan pemerintah perlu terlebih dahulu melakukan verifikasi terkait sejumlah aspek yang berkaitan dengan hukum negara.

Dalam proses verifikasi tersebut, BOPI akan menitikberatkan pada empat aspek utama, yaitu tentang legalitas operator, legalitas klub (terutama yang berganti nama baru seperti PS TNI, PS Bhayangkara, dan Madura United), perlindungan terhadap pelaku sepakbola baik itu pemain, pelatih, dan official. Dan yang terakhir adalah tentang keberadaan pemain asing, bagi yang belum memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) secara tegas tidak diperbolehkan bermain.

"BOPI perlu waktu untuk verifikasi sebelum memberikan rekomendasi, namun sampai saat ini BOPI belum menerima surat permohonan dari PSSI maupun pihak operator," kata Ketum BOPI M. Noor Aman.

Secara berjenjang jika sebuah kompetisi liga akan digelar memerlukan izin keramaian dari kepolisian yang didasarkan rekomendasi BOPI, dan untuk mengeluarkan rekomendasi BOPI perlu waktu untuk verifikasi yang paling cepat jika semua dokumen sudah lengkap membutuhkan waktu satu minggu. Oleh karenanya bila benar akan digelar pada tanggal 15 April, selambat-lambatnya pada tanggal 5 April permohonan itu harus sudah diterima BOPI lengkap dengan semua dokumen yang diperlukan.

"Selambat-lambatnya tanggal 5 April permohonan dengan disertai kelengkapan dokumen harus sudah diterima BOPI," jelas Sekjen BOPI Heru Nugroho.

"Semoga kick off liga yang dapat disebut sebagai liga reformasi dapat berjalan dengan baik memenuhi harapan kita semua," tutup Ketum BOPI M. Noor Aman.

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Petr Cech Turut Berduka

Petr Cech Turut Berduka

FOOTBALL
Szczesny: Tinggalkan Arsenal Pilihan Tepat

Szczesny: Tinggalkan Arsenal Pilihan Tepat

FOOTBALL
Yang Absen di Piala Dunia

Yang Absen di Piala Dunia

FOOTBALL
Kesetiaan Itu Bernama Choirul Huda

Kesetiaan Itu Bernama Choirul Huda

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company