Honda CBR250RR Jadi Ancaman Serius Yamaha R25

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 5 April 2017

SPORTKU.COM

Perdana ikuti Asia Road Racing Championship (ARRC) Kelas Asia Production 250cc (AP250), Gerry Salim langsung cetak sejarah.

Pebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di seri pembuka ARRC 2017 akhir pekan kemarin. Menarik disimak. Turun perdana di Kelas AP250, pebalap didikan PT Astra Honda Motor (AHM) ini langsung bikin kagum.

Penampilannya di Sirkuit Johor, Malaysia mampu membuat rekor terbaru. Dengan tunggangannya All New Honda CBR250RR, Gerry berhasil menangi balapan. Bahkan dalam dua race yang diikutinya, pebalap asal Surabaya, Jawa Timur ini berhasil menang telak. Ya, di Race 1 dan Race 2 semua dikuasai olehnya.

Di Race 1, Gerry memulai balapan dari posisi ketiga. Sesaat setelah balapan dimulai, dirinya langsung memacu All New Honda CBR250RR untuk menyalip dua pebalap dari Jepang dan Thailand yang berada di depannya. Masih di lap pertama, Gerry berhasil menumbangkan dua pesaingnya tersebut.

Gerry pun memimpin jalannya balapan. Kekuatan Gerry tak mudah untuk dipatahkan lawan. Dari lap pertama hingga akhir balapan dirinya bahkan terus memimpin jalannya balapan. Persaingan sengit antara tiga pebalap terdepan terus terjadi sepanjang balapan.

Momen bersejarah untuk Indonesia kembali terulang pada Race 2. Gerry kembali mencetak prestasi tertingginya. Sejak awal balapan, Gerry melesat cepat meninggalkan jauh pebalap-pebalap lain di belakangnya. Pebalap ini bahkan meningkatkan catatan waktu tercepat yang dicetaknya pada balapan sebelumnya. Merah Putih pun kembali berkibar di podium tertinggi.

“Saya sangat senang bisa meraih posisi pertama sekaligus bisa meningkatkan catatan waktu 1menit 42detik. Dari awal balapan saya berusaha untuk menjaga posisi agar selalu di depan dan fokus untuk menjaga kendali motor, karena suhu sangat panas sehingga saya harus berhati-hati dengan ban saya,” ujar Gerry.

Catatan menarik untuk para insan balap di Tanah Air. Raihan Gerry di ajang ARRC sekaligus mematahkan anggapan jika All New Honda CBR250RR 'takut' bersaing di sirkuit dengan Yamaha R25. Ini merupakan buntut dari absennya AHRT di seri pembuka Kejurnas Indospeed Race Series (IRS) 2017 belum lama ini.

Dalam laga di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat tersebut AHRT memang memilih absen dari balapan. Khususnya di Kelas Sport 250cc yang menjadi pembicaraan hangat saat itu. Muncul gosip miring jika absennya AHRT kala itu karena takut kalah dari Yamaha R25.

Tak mau menjadi pembicaraan hangat publik, pihak AHM pun dengan cepat memberikan komentar ke para awak media. Anggono Iriawan selaku Senior Manager Safety Riding & Motorsports Department AHM mengatakan ada alasan tersendiri kenapa AHRT absen di seri perdana Kejurnas IRS 2017. Ketika itu Anggono mengatakan jika part racing All New Honda CBR250RR belum siap.

Akan tetapi, kini anggapan takutnya All New Honda CBR250RR dengan Yamaha R25 tak terbukti. Justru Yamaha yang kalah saing dengan All New Honda CBR250RR yang menjadi pemain baru di AP250. Padahal Yamaha sendiri dengan R25 selama dua tahun sebelumnya sudah menjadi peserta di kelas ini.

Di mana Yamaha Racing Indonesia (YRI) mengendalkan pebalap Galang Hendra Pratama dan Rey Ratukore. Sayangnya, kedua pebalap YRI tersebut belum mampu mengumandangkan Indonesia Raya dipodium tertinggi. Pada musim lalu, Galang Hendra yang pernah menimba ilmu di sekolah balap Valentino Rossi hanya bisa dua kali naik ke podium saat finish ke-2 dan ke-3.

Tentunya, keberhasilan AHRT dengan motor balapnya All New Honda CBR250RR menjadi ancaman serius bagi Yamaha R25. Bukan hanya di ajang ARRC, namun juga di Kejurnas IRS. Bukan tidak mungkin, jika All New Honda CBR250RR turun di Kejurnas IRS bakal menumbangkan dominasi Yamaha R25 yang sudah dibangun tim YRI.

Sekilas info, pebalap di luar tim AHRT yang pada Seri 1 Kejurnas IRS turun dengan All New Honda CBR250RR pun hanya tertinggal sekitar 3detik dari Yamaha R25. Dengan catatan All New Honda CBR250RR masih spek standar dan hanya diganti suspensi, knalpot dan ban.

Nah, akankah CBR250RR menumbangkan dominasi R25? Kita tunggu saja aksinya.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Sepak Terjang Zarco di MotoGP

Sepak Terjang Zarco di MotoGP

TOPIC OF THE WEEK
Wasit Rusak Liga Champions Eropa

Wasit Rusak Liga Champions Eropa

TOPIC OF THE WEEK
Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

TOPIC OF THE WEEK
Vinales, Jagoan Baru MotoGP

Vinales, Jagoan Baru MotoGP

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company