Timnas U-22 Kembali Hadapi Skuat Senior di Uji Coba Kedua

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Muhammad Rusjdi | Editor: Andi Wahyudi | 5 April 2017

SPORTKU.COM

Tim Nasional Indonesia U-22 bakal kembali menjalani laga uji coba. Dan yang menjadi lawannya adalah tim ibu Kota, Persija Jakarta.

Laga antara Timnas U-22 besutan Luis Milla kontra Persija Jakarta yang bakal berlangsung di Stadion Patriot Bekasi malam hari nanti, Rabu (5/4), memang sengaja digelar sebagai bahan evaluasi atas hasil buruk yang diterima Skuat Garuda Muda saat menghadapi Myanmar di uji coba perdana mereka.

''Pertandingan ini dilakukan sebagai proses untuk evaluasi hasil melawan Myanmar dan menganalisa peningkatan kualitas pemain. Pandangan lawan Myanmar ada yang bagus dan ada yang tidak bagus, karenanya kita terus berlatih untuk memperbaiki hal itu,'' terang Luis Milla kepada wartawan.

Kekalahan 1-3 yang diterima Timnas U-22 saat menghadapi Myanmar memang bisa dibilang cukup mengecewakan. Harapan besar akan adanya perubahan gaya bermain Timnas setelah kehadiran Milla, nyatanya sama sekali belum bisa direalisasikan pada laga uji coba perdana mereka.

Untuk itu, Persija yang memiliki sejarah panjang di persepakbolaan nasional dipilih sebagai lawan uji coba, karena Macan Kemayoran diharapkan bisa memberikan tekanan yang sama dengan Myanmar.

Selain itu, banyaknya massa pendukung Persija juga diharapkan bisa memberi tekanan kepada pemain Timnas U-22 dari pinggir lapangan.

''Melawan Persija akan menjadikan motivasi tim ini lebih baik, dan ini juga menjadi tantangan bagi pemain agar mampu menghadapi penonton yang menekan. Tapi yang utama permainan harus lebih baik melawan Persija,'' tutur Milla.

Di sisi lain, Pelatih Persija Jakarta, Stefano Teco menyambut baik keinginan Timnas U-22 untuk menjajal kemampuan anak asuhnya. Bagi pelatih asal Brasil tersebut, uji coba kontra Timnas U-22 selain dijadikan sebagai penyempurna penerapan pola permainan Persija, juga untuk menjajal Stadion Patriot yang pada kompetisi Liga 1 dijadikan sebagai markas Persija Jakarta.

''Saya pegang tim dari awal dan belum pernah main di Patriot. Lawan timnas sama juga bagus buat kita dan timnas. Buat Persija bagus bisa main di kandangnya nanti,'' terang Teco dalam keterangan pers yang dikirim PSSI.

Meski demikian, laga kontra Timnas U-22 bukannya tak dianggap serius oleh Persija. Dengan banyaknya pendukung Persija yang akan memadati Stadion Patriot Bekasi dan kick-off Liga 1 yang tak sampai sebulan lagi, Persija pastinya berharap bisa memetik hasil sempurna pada pertandingan perdana di markas baru mereka.

''Di uji coba ini kita juga jaga reputasi sebagai tim Persija. Kita lawan timnas, meski Tim U-22 tapi mereka pasti berikan yang terbaik dan ingin tunjukkan ke publik. Kami juga cari kelemahan kekurangan sebelum kickoff,'' ungkap pemain andalan Persija Jakarta, Ismed Sofyan.

Timnas U-22 yang belum juga bisa diperkuat Hansamuyama Pranata lantaran masih dibekap cedera, tampaknya akan menurunkan tim yang kurang lebih sama dengan pertandingan kontra Myanmar. Lagipula, pada laga kontra Myanmar anak asuh Luis Milla sebenarnya cukup mampu menerapkan pola permainan yang disiapkan sebelumnya. Hanya saja, permainan sesuai skema yang diterapkan oleh Luis Milla hanya mampu bertahan hingga 20 menit awal.

''Kalau saya justru punya tanggapan berbeda. Menurut saya Timnas bermain tanpa bisa memperlihatkan gagasan Luis Milla. Memang waktu persiapan sebelum uji coba pertam sangat singkat, tapi harusnya walaupun sedikit ada gagasan dari Milla yang bisa diterapkan pada permainan Timnas U-22. Sayangnya gagasan itu tidak terlihat pada laga kontra Myanmar,'' ungkap Tomy Welly saat dihubungi SPORTKU.

''Memang benar di menit awal Timnas U-22 bermain cukup bagus. Tapi bagi saya itu bukan karena adanya gagasan Luis Milla pada permainan mereka, tapi murni karena semangat juang dan motivasi yang besar. Karena anda bisa lihat menit-menit selanjutnya, mereka hanya mengeksploitasi para pemain sayap, dan itu sama sekali bukan gaya permainan ala Spanyol kalau menurut saya,'' tambah pangamat sepak bola ini.

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Muhammad Rusjdi | Editor: Andi Wahyudi | 5 April 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Barcelona Kenakan Lencana Istimewa

Barcelona Kenakan Lencana Istimewa

FOOTBALL
Kalahkan Korea,Mahatir Beri Selamat

Kalahkan Korea,Mahatir Beri Selamat

FOOTBALL
Sindiran Keras Milla Kepada Febri

Sindiran Keras Milla Kepada Febri

FOOTBALL
Rekor Indonesia di Asian Games

Rekor Indonesia di Asian Games

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company