Vinales, Jagoan Baru MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 11 April 2017

SPORTKU.COM

Maverick Vinales kini menjadi jagoan baru MotoGP. Predikat itu lahir setelah pada dua balapan pembuka MotoGP 2017, Vinales berhasil menang.

Vinales yang memilih tunggangan baru Yamaha M1 di MotoGP menjadi pilihan tepat. Seakan menjadi kombinasi sempurna, debutnya bersama Movistar Yamaha pun cukup mencengangkan publik. Dalam dua balapan pembuka, Vinales sukses merontokkan dominasi lawan dan berhasil keluar sebagai juara.

Nama Vinales sendiri sejatinya bukan hal baru di grid MotoGP. Sebab tahun ini menjadi musim ketiganya mengaspal di kelas premier. Setelah sebelumnya selama dua tahun membalap untuk tim Suzuki Ecstar. Namun kala itu namanya tak begitu menyita perhatian publik. Porsi pemberitaan media lebih terfokus pada perseteruan Rossi-Lorenzo-Marquez.

Dua tahun bersama Suzuki memang bukan waktu terbaik bagi Vinales. Maklum, sebagai pendatang baru yang masih puasa podium. Dirinya masih butuh adaptasi dengan atmosfer persaingan. Terlebih lagi sebagai junior. Tentu harus banyak belajar dengan sang senior.

Debutnya di MotoGP 2015 memang terasa sulit bagi pebalap kelahiran Figueres, 12 Januari 1995. Tugasnya bersama Suzuki GSX-RR selama 18 seri hanya sanggup membawanya ke urutan 12 klasemen akhir. Total hanya menyumbangkan 97 poin dan dua kali gagal finish. Kendati demikian, Vinales dianugerahi gelar Rookie of The Year.

Masuki tahun kedua, nama Vinales mulai menyeruak. Bahkan dirinya sanggup menangi balapan saat tampil di MotoGP Inggris. Bagi Suzuki, raihan Vinales itu menjadi kemenangan pertamanya sejak musim 2007. Ketika Chris Vermeulen meraih kemenangan di GP Perancis pada 20 Mei 2007 silam.

Tak lagi puasa podium. Rekan setim Aleix Espargaro di Suzuki ini juga tercatat empat kali naik ke podium juara pada tahun keduanya di MotoGP. Di akhir musim, posisinya naik dratis ke urutan 4 dengan torehan 202 poin. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Tahun 2016 bisa dikatakan memang menjadi tahunnya Vinales. Dirinya dikait-kaitkan dengan panasnya bursa transfer kala itu. Yang paling santer terdengar, Vinales diburu oleh tim pabrikan Yamaha. Cukup lama publik menanti kebenaran berita ini. Sebelum akhirnya pertengahan Mei 2016, Vinales teken kontrak dengan tim Movistar Yamaha.

Sudah semestinya pebalap baru akan melakukan adaptasi dengan motor anyarnya. Begitu pula dengan Vinales yang punya tunggangan baru Yamaha M1. Tapi tak butuh waktu lama bagi pebalap 22 tahun tersebut untuk mengakrabkan diri dengan Yamaha M1. Sejak sesi tes pramusim, catatan waktu Vinales selalu mengejutkan publik dengan menjadi yang tercepat.

Buntutnya, di dua balapan pembuka MotoGP 2017 aksi Vinales semakin tak terbendung. Balapan di Qatar yang diwarnai banyak insiden kecelakaan juga tidak menggoyahkan dominasinya. Pada balapan yang sempat terganggu oleh hujan lebat tersebut, Vinales yang start dari posisi pole bisa finish terdepan.

Lanjut ke balapan di Argentina. Berada dalam tekanan tinggi usai menangi seri Qatar, Vinales yang memulai balapan dari grid 6 kembali finish terdepan. Menang pada dua balapan pembuka membuat Vinales digadang-gadang sebagai calon kuat juara dunia MotoGP 2017.

Memang, balapan baru berjalan dua seri dan masih menyisakan 16 putaran lagi. Tentu butuh konsistensi bagi Vinales untuk bisa selalu finish di podium juara. Vinales perlu banyak belajar dari para pebalap senior. Beruntung Vinales satu tim dengan Juara Dunia MotoGP 9 kali Valentino Rossi sehingga dirinya bisa mudah mendapatkan pengalaman dari seniornya itu. 

Tapi nyatanya, bukan berbagi pengalaman yang dialaminya. Melainkan kondisi persaingan antara dirinya dengan Valentino Rossi. Ini bukan kondisi yang baik bagi Vinales. Media seperti mendapatkan bahan berita bagus untuk publik. Alhasil, kebersamaan Vinales-Rossi ibarat api dalam sekam yang bisa membahayakan keduanya.

Nah, mampukah Vinales menjadi juara dunia musim ini? Karena yang akan menjegalnya cukuplah banyak, termasuk rekan setimnya, Valentino Rossi.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Sepak Terjang Zarco di MotoGP

Sepak Terjang Zarco di MotoGP

TOPIC OF THE WEEK
Wasit Rusak Liga Champions Eropa

Wasit Rusak Liga Champions Eropa

TOPIC OF THE WEEK
Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

TOPIC OF THE WEEK
Toyota Team Indonesia Kembali Bangkit

Toyota Team Indonesia Kembali Bangkit

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company