5 Catatan Penting Usai MotoGP Argentina

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 12 April 2017

SPORTKU.COM

Usai gelaran MotoGP Argentina 2017, banyak catatan menarik. Berbagai hal menjadi perhatian khusus para pecinta MotoGP di seluruh dunia.

Jalannya race di Sirkuit Rio Hondo, Argentina akhir pekan kemarin memang menciptakan banyak hal baru. Banyak fakta lahir dari para pebalap. Bukan hanya soal finishnya Maverick Vinales di posisi terdepan dan juga kembalinya podium Valentino Rossi.

Tapi sorotan media juga perihal jatuhnya Jorge Lorenzo serta Marc Marquez yang kala itu tengah memimpin balapan. Dan berikut 5 fakta menarik pasca MotoGP Argentina 2017.

1. Petaka Marquez dan podium Cal Crutchlow
Juara bertahan Marquez dan Honda kalah di tangan Vinales, debutan Yamaha di seri Qatar. Kekalahan itu menjadi mimpi buruk tim Repsol Honda. Balapan baru dimulai tapi sudah kalah. Marquez hanya bisa finish di posisi ke-4 di Sirkuit Losail.

Mimpi buruk kembali dialami oleh kubu Honda. Di mana pada putaran kedua di Sirkuit Rio Hondo, Argentina, Marquez yang tengah memimpin jalannya balapan tiba-tiba mengalami roda depan terkunci. Akibatnya pebalap Spanyol itu tersungkur ke aspal dan tak bisa melanjutkan balapan. Marquez akhirnya mengakui kesalahannya.

Kesialan kubu Honda tak berhenti sampai di sini. Di tempat yang sama, pada tikungan ke-2, Dani Pedrosa juga alami kecelakaan dan gagal melanjutkan balapan di sisa 12 lap.

Dua pebalap unggulan Honda sudah tumbang. Muka Honda pun diselamatkan oleh aksi heroik Cal Crutchlow. Menjadi pebalap satelit dari LCR honda, pebalap Inggris ini berhasil finish di posisi ke-3.

2. Sempurnanya Vinales
Sempurna mungkin terlalu berlebihan untuk mengungkapkan kemenangan pebalap Movistar Yamaha itu. Tapi sulit untuk melihat apa yang bisa dilakukan oleh Vinales dalam dua balapan pertama untuk Yamaha. Menang di Qatar dan Argentina, Vinales mendadak jadi jagoan baru MotoGP. Kecelakaan Marquez juga menjadi keuntungan Vinales yang saat itu berada di posisi kedua. Setelah itu dirinya memimpin balapan hingga bendera finish dikibaskan.

Atas pencapaian ini, Vinales juga menjadi pebalap Yamaha pertama untuk memenangkan dua balapan pembuka sejak Wayne Rainey pada tahun 1990 silam. Kemenangan Vinales di Sirkuit Termas de Rio Hondo memang menjadi mimpi terindah baginya. Di mana ia telah jatuh dua kali dalam tiga balapan terakhir di trek yang sama.

3. Rossi, tua-tua keladi
Pebalap kelahiran Urbino, Italia pada 16 Februari 1979 silam itu kini menjadi pebalap tertua di grid. Usianya yang sudah menginjak angka 38 tahun namun kini masih kompetitif. Dari dua balapan yang sudah dilakoninya, Rossi juga selalu finish di podium. Raih podium ke-3 di Qatar dan podium ke-2 di Argentina.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para lawannya. Meski sudah tak muda lagi, tapi jangan remehkan performa Rossi. Bukan tidak mungkin, di seri-seri berikutnya Rossi bisa menangi balapan. Meski sulit baginya, karena rekan setimnya Vinales juga tak kalah cepat dalam setiap kesempatan.

4. Bautista jadi bintang untuk Ducati
Ducati hampir persis mengalami nasib sama dengan tim pabrikan Honda. Dua pebalap andalan Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso gagal finish. Parahnya, Lorenzo yang start dari grid 16 mengalami kecelakaan di tikungan pertama pada lap pembuka.

Kecelakaan Dovisiozo terjadi ketika Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini gagal mengendalikan motor balapnya. Dan secara tak sengaja menabrak motor Dovizioso. Akibatnya, kedua pebalap pun gagal menyelesaikan balapan.

Sementara itu, Alvaro Bautista nyaris podium. Pebalap satelit Ducati dari Pull&Bear Aspar Team ini finish di posisi ke-4.

5. Poin pertama untuk KTM
Tim KTM baru mencetak poin MotoGP pertamanya di balapan ketiga. Ini jika dihitung dari Valencia saat menjadi wild-card. Namun di Argentina lalu, Pol Espargaro finish di posisi 14 dan Bradley Smith ke-15. Jerih payah kedua pebalap KTM tersbeut dianugerahi poin. Espargaro dengan 2 poin dan Smith mengoleksi 1 poin di tangga klasemen sementara.

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5
5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company