Tips Bikin Rantai Tetap Awet

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 12 April 2017

SPORTKU.COM

Rantai menjadi salah satu bagian vital pada sepeda motor. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, maka dibutuhkan perawatan khusus.

Perawatan berkala pada sepeda motor tentu harus dilakukan di berbagai sisi. Bukan hanya soal rutin ke bengkel dengan hanya mengganti oli secara berkala. Namun ada satu peranti yang tak kalah penting dan harus dirawat secara berkala, yaitu rantai.

Terlebih lagi saat kondisi hujan seperti saat ini. Keberadaan rantai bisa menimbulkan masalah tersendiri. Apalagi kalau rantai jarang dijamah.

Langkah pertama agar rantai lebih awet dan tahan lama adalah dibersihkan secara berkala. Saat membersihkan bukan hanya sekadar memeriksa kondisi luarnya saja. Tapi juga bagian rollernya harus diperhatikan secara khusus.

"Kalau perawatan rantai agar tahan lama yang paling utama adalah kebersihan dari rantai itu sendiri. Jadi harus sering dibersihkan secara berkala. Yang pertama harus bersih dari debu atau kerikil karena ini bisa merusak rantai," ungkap Ari Kuncahyono, Mekanik TDR Technology Center.

Keberadaan debu maupun kerikil pada rantai bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya karena adanya lubricant seperti oli maupun cairan pembersih rantai yang justru hal itu bisa mempermudah menempelnya kotoran.

"Jadi kalau kotoran nempel maka akan membuat rantai menjadi cepat aus. Jadi kita memang harus sering membersihkan rantai dari kotoran. Minimal satu minggu sekali saat kondisi hujan. Bisa sehabis nyuci motor," imbuh Ari.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan rantai. "Kalau rantainya x-ring (pakai karet), membersihkannya jangan pakai bensin atau solar. Rantai tipe ini cukup dibersihkan dengan semprotan angin saja, itu sudah bisa bersih kotorannya," pungkasnya.

Lain halnya dengan rantai yang tidak pakai karet. Membersihkannya cukup mudah bisa menggunakan bensin atau solar. Selamat mencoba.

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company