Tip Berolahraga Triathlon Bagi Pemula

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 12 April 2017

Tip Triathlon Untuk Pemula

SPORTKU.COM

Triathlon kini mulai menjadi salah satu cabang olahraga yang mulai digandrungi di Indonesia. Tapi ada teknik khusus untuk bisa menikmatinya.

Bagi sebagian kalangan yang gemar mengolah tubuh, cabang olahraga yang memadukan cabang lari, renang dan bersepeda ini, dinilai memiliki tantangan sekaligus gengsi tersendiri.

Untuk mendalami triathlon secara umum mungkin sama seperti olahraga lainnya. Namun, mengingat olahraga ini tergolong berat, ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan oleh mereka yang baru menggeluti olahraga ini.

Menurut Jauhari Johan, salah satu atlet triathlon profesional, hal penting yang patut diperhatikan adalah cabang renang. Sebab, banyak orang yang bermasalah pada cabang tersebut.

“Yang pasti renang dulu ya, karena masalahnya kebanyakan di renang. Jadi saran saya, kalau ingin ikut triathlon mulailah dilatih dengan renang,” ujar Jauhari kepada SPORTKU.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Jauhari menambahkan, berlatih renang ini juga agak berbeda mengingat renang pada lomba triathlon biasanya dilakukan di pantai atau laut. Jadi untuk latihan renang bisa dilakukan di kolam renang dan laut juga.

“Karena di kolam dan di laut kan beda. Bisa (berlatih) di kolam. Tapi harus ada open water (di laut) juga,” jelas Johan.

Soal porsi latihan, menurut Jauhari, juga tergantung dari dasar dari masing-masing orang atau cabang apa yang paling sering dilakukan sebelumnya. Artinya, bila seseorang memiliki basic dari lari, maka porsi latihan renang dan bersepeda harus lebih banyak.

Kemudian untuk cabang lari, cabang ini mungkin yang paling mudah. Jadi, seseorang cukup menyesuaikan volume latihan, sesuai dengan kategori yang akan diikuti.

“(Bila) sprint 5km, maka latihannya adalah sekitar minimal latihan 5 sampai 7km setiap sesi latihan. Minimal 3 kali seminggu. Karena medannya juga bervariasi, jadi harus latihan (di) gym juga,” tambah Jauhari.

Begitu juga metode latihan untuk cycling (bersepeda). Menu latihan bisa disesuaikan dengan nomor lomba yang akan diikuti. Untuk sprint 20km, mungkin dalam 1 minggu cukup berlatih 3 kali, dengan 50 atau 60km per sesi.

Peralatan juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Jauhari menyarankan untuk menggunakan sepeda yang nyaman dan sesuai dengan tinggi badan. Untuk jenis sepeda misalnya, perlu diperhatikan size atau ukuran sepeda. Sebab, ia menilai, masih banyak penggemar triathlon yang menggunakan sepeda yang tidak sesuai dengan tubuhnya.

Hal lain yang disoroti adalah asupan makan. Jauhari menilai, bila asupan karbohidrat dan sayur mayur yang cukup, maka sesorang tidak memerlukan multivitamin lagi.

Tapi, bila seseorang memiliki karakter yang malas untuk makan setelah berlatih keras, maka dibutuhkan multivitamin.

Fajar Arifan, musisi yang kini juga menggeluti triathlon juga berbagi tip. Pria yang mulai menggeluti triathlon sejak tahun 2014 itu menyatakan, untuk memulai triathlon pada dasarnya dimulai dengan menyukainya terlebih dahulu.

“Sama kaya maen musik juga sih. Harus menyenangi dulu, baru belajar lebih serius,” ungkap penabuh drum band Alexa itu.

Fajar juga menilai bergabung ke komunitas adalah sebagai penunjang. Kalaupun tidak, masih ada acara lain untuk belajar atau mengetahui triathlon lebih jauh. 

“Sekarang gampang banget. Semua udah online, bisa googling. Kalau saya sendiri, mulai dari online atau otodidak,” ucapnya.

Soal porsi latihan, Fajar menekankan bahwa berlatih itu tak harus lama atau menghabiskan banyak waktu.

“Sekarang sudah banyak informasi. Jadi latihan tidak harus selalu lama. Tidak harus selalu ngabisin waktu. Cukup luangin waktu setengah sampai 1 jam setiap hari. Dengan porsi latihan yang cukup, browsing apa yang harus dikerjain, itu sudah cukup sebenarnya. Dalam seminggu mungkin 5 hari, enggak perlu setiap hari. Mungkin, ada 1 hari yang bisa (berlatih) lebih dari sejam, dalam seminggu,” jelasnya.

Fajar juga mengingatkan pentingnya proses tahapan dan tanggung jawab kepada siapa saja yang ingin menggeluti olahraga triathlon.

“Yang penting ada tahapannya dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Fajar sendiri telah mengikuti sejumlah race triathlon, diantaranya, Sungailiat Triathlon, dua kali (half) Iron Man dan berhasil sebagai finisher pada (full) Iron Man beberap bulan lalu.

Jauhari Johan

tips-triathlon-adi--81356c279774ce4.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW
Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company