Bedanya Ban Radial dan Bias

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 14 April 2017

Apa Itu Ban Radial?

SPORTKU.COM

Penggunaan ban radial diprediksi akan menjadi tren baru di kalangan bikers Indonesia. Apa sih ban radial itu?

PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban sepeda motor IRC di Indonesia baru saja meluncurkan produk terbarunya RMC 810. Masuk ke dalam kategori ban radial, IRC RMC 810 dikeluarkan dalam tiga ukuran sekaligus untuk para pemilik motor sport 150cc dan 250cc.

IRC Tire RMC 810 sendiri lahir dengan konsep “All Round Radial Tire”. Ban IRC Tire RMC 810 diproduksi di pabrik IRC di Jepang dengan teknologi terkini yang dimiliki oleh IRC yang menitikberatkan pada kemampuan ban untuk memberikan performa dan pengendalian yang maksimal baik di jalan kering maupun basah.

Sementara itu, tren penggunaan ban radial di Indonesia diprediksi bakal akan terus meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan terus bertambahnya jumlah pemilik motor sport di Tanah Air. Yang mana ban radial memang disegmentasikan untuk penggunaan motor sport.

"Ban radial kalau dilihat secara kasat mata memang gak bisa dibedain. Harus dilihat di sidewall, misalnya 150/60-17 itu ban bias dan 150/60 R17 itu ban radial. Bedanya hanya dikode huruf R. Dan ban radial untuk motor-motor sport," ungkap Dodiyanto, Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Bukan hanya dari tampak luasnya saja. Ban radial dan ban bias juga ternyata memiliki perbedaan saat masuki jalur produksi. Di mana menurut Dodiyanto, ban radial dibuat dengan lapisan serat benang yang arahnya menyilang pada lingkar ban. Selain itu, konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja. Lain halnya dengan konstruksi ban bias yang bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon.

"Tapi dengan ukuran yang sama, ban radial relatif lebih enteng. Untuk pemakaian jarak jauh dan dipakai terus menerus ban radial juga lebih stabil. Umumnya ban radial pakai compound lebih soft dibandingin dengan ban bias. Kalau usia pakai relatif sama, tapi harga ban radial yang pasti lebih mahal," imbuh Dodiyanto.

Soal tren pemakain ban radial di Indonesia, menurut Dodiyanto akan terus meningkat. "Pemakaian ban radial akan menjadi tren di Indonesia. Khususnya motor sport 250cc ke atas yang akan semakin ramai dan menarik. Apalagi saat ini pabrikan motor juga gencar meluncurkan produk berkapasitas 250cc," pungkasnya.

Baca Juga
IRC Luncurkan Ban Radial RMC 810 Untuk Motor Sport

  • facebook share

RELATED NEWS

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW
Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company