Sejumlah Klub Liga 1 Tak Boleh Turunkan Pemain Asing

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : PT Liga Indonesiabaru | Editor: Andi Wahyudi | 13 April 2017

SPORTKU.COM

Belum lengkapnya proses administrasi membuat sejumlah klub peserta Liga 1 dilarang untuk menurunkan pemain asingnya.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya menerbitkan surat rekomendasi perhelatan Liga 1. Nantinya, surat rekomendasi inilah yang dijadikan sebagai rujukan pihak kepolisian terkait perizinan perhelatan Liga 1 di semua daerah.

Tapi ternyata, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator belum mampu memenuhi semua persyaratan yang diajukan BOPI. Oleh karena itu, surat rekomendasi yang dikeluarkan BOPI pun masih memiliki sejumlah catatan.

''Kami akui memang belum sepenuhnya proses administrasi bisa dilengkapi. Tapi 90 persen dari semua persyaratan untuk mengeluarkan surat rekomendasi ini telah terpenuhi. Karena itu juga kami melakukan kesepakatan agar sejumlah proses yang belum terselesaikan untuk bisa dipenuhi dalam waktu dekat. Jadi rekomendasi itu dikeluarkan dengan sejumlah catatan,'' ujar Sekretaris Jendral BOPI, Heru Nugroho kepada SPORTKU.

Belum ditutupnya bursa transfer awal musim juga ternyata menjadi salah satu alasan bagi BOPI untuk menyematkan sejumlah catatan di surat rekomendasi yang dikeluarkannya. Namun, BOPI telah meminta kepada PT Liga Indonesia Baru untuk memenuhi semua persyaratan yang belum terselesaikan setelah bursa transfer awal musim ditutup.

''Operator sendiri baru menutup penerimaan pemain pada tanggal 30 nanti, jadi kami juga bisa memaklumi itu. Tapi kami sepakat untuk menyelesaikan semuanya setelah tanggal tersebut,'' terang Heru.

Namun BOPI enggan melunak untuk urusan pemain asing yang belum memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Oleh karena itu, BOPI melarang klub-klub peserta Liga 1 untuk menurunkan pemain asing mereka yang belum memiliki KITAS. Dan untuk memastikan hal itu, BOPI juga akan melakukan pegawasan di setiap pertandingan Liga 1.

''Mungkin bahasanya bukan melarang, tapi belum mengizinkan pemain yang belum melengkapi surat-suratnya untuk turun ke lapangan. Tapi kalau pada perjalanannya klub-klub ini melengkapi semua proses administrasi semua pemain ini, tentu mereka diizinkan untuk bermain,'' jelas Heru yang sayangnya enggan untuk membeberkan pemain mana saja yang hingga kini belum memiliki KITAS.

''Karena itu dengan keluarnya surat rekomendasi ini bukan berarti tugas BOPI mengawal sepak bola nasional ini selesai. Kami juga akan terus melakukan pengawasan, untuk memastikan semuanya berjalan sesuai yang telah disepakati semua pihak,'' imbuhnya.

Selain itu, Heru juga tak menampik sejumlah hal lain yang akhirnya membuat BOPI mengeluarkan izin kepada PT Liga Indonesia Baru untuk menggelar kompetisi pada 15 April mendatang. Dan salah satunya adalah rencana kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada laga pembuka.

  • facebook share

RELATED NEWS

Petr Cech Turut Berduka

Petr Cech Turut Berduka

FOOTBALL
Szczesny: Tinggalkan Arsenal Pilihan Tepat

Szczesny: Tinggalkan Arsenal Pilihan Tepat

FOOTBALL
Yang Absen di Piala Dunia

Yang Absen di Piala Dunia

FOOTBALL
Kesetiaan Itu Bernama Choirul Huda

Kesetiaan Itu Bernama Choirul Huda

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company