Lama Vakum dari Motocross, Andre Sondakh Podium di Thailand

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 14 April 2017

SPORTKU.COM

Crosser Andre Sondakh musim ini memilih vakum dari ajang balap Kejuaraan nasional (Kejurnas) Motocross. Tapi dirinya baru saja juara di Thailand.

Akan sulit menemukan sosok Andre Sondakh di antara grid pebalap dalam ajang Kejurnas Motocross 2017. Ya benar, crosser asal Sulawesi Utara itu musim ini memilih 'diam' dan tak mau mengikuti segala urusan dengan yang namanya Kejurnas Motocross. Meski demikian, Sondakh tak benar-benar 100 persen absen balap.

Seperti diketahui, belum lama ini Sondakh justru tampil di event balap bergengsi di Thailand dalam ajang ASEAN Relation Motocross 2017. Penampilan Sondakh yang menjadi satu-satunya pebalap dari Indonesia ternyata masih menjadi lawan tangguh bagi para crosser lainnya.

Terbukti, Sondakh yang turun di Kelas MX2 bisa finish di podium juara. Bahkan mampu mengibarkan bendera Merah Putih di podium teratas. Meski dengan persaingan yang cukup keras, penampilan Sondakh dengan motor balap pinjaman tak pelak membuat namanya semakin dikenal di kawasan ASEAN.

"Persaingan memang cukup berat di sana. Yang utama dari kondisi sirkuit, karena tanahnya. Motor bisa amblas sampai setengah roda. Jadi bawa motornya berat. Apalagi saya sudah gak pernah latihan motocross hampir tujuh bulanan," ungkap Sondakh kepada SPORTKU.com.

Sondakh yang menjadi juara nasional di Kejurnas Motocross 2016 lalu tampil di ajang ASEAN Relation Motocross 2017 atas dasar undangan. Balapan yang dilakoninya pun menggunakan motor balap pinjaman dari tim asal Malaysia. "Saya balapan pakai motor KTM 250," singkatnya.

Sementara itu, dalam laga ini Sondakh harus memberikan perlawanan kepada para crosser dari berbagai negera. Bukan hanya dari Thailand yang menjadi tuan rumah. Namun juga ada pebalap dari Malaysia, Philipina, Vietnam, Singapura, Brunei Darusallam, dan Laos.

"Saya bersyukur bisa mengumandangkan Indonesia Raya di podium teratas pada Moto 2. Dan di Moto 1 saya hanya bisa finish ketiga," pungkasnya.

  • facebook share

RELATED NEWS

Honda Bidik Dakar 2018

Honda Bidik Dakar 2018

RALLY DAKAR BIKE
Honda Double Podium di Maroko

Honda Double Podium di Maroko

MOTOCROSS
Antonio Cairoli Dihujani Kritikan

Antonio Cairoli Dihujani Kritikan

MXGP
Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

MXGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company