Jason Umboh, Meniti Karier Balap Sejak Usia Dini

Text : Arka | Photo / Video : Arka | Editor: Suhartono | 19 April 2017

SPORTKU.COM

Dalam ajang balap Mini GP (pocket bike) di tanah air, nama Jason Umboh merupakan salah satu rider cilik penuh prestasi.

Ketenaran nama Jason Umboh bukan tanpa sebab. Tentu saja, karena langganan juara setiap kali ada kejuaraan MiniGP yang diikutinya. Baik di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat ataupun di daerah lain yang pernah diikutinya.

Salah satunya, seperti dalam kejuaraan bergengsi J4-Vent Mini GP Championship 2017 yang baru usai berlangsung akhir pekan lalu (16/4) di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat. Pebalap muda belia berusia 8 tahun ini berhasil tampil gemilang. Sukses menjadi jawara di Kelas GP1-Mini GP Junior 6-9 Tahun.  

Jason Dirk Ray Umboh nama lengkapnya, mampu mengasapi para rival seusianya dari awal start hingga finish. Sementara di Kelas GP2-MiniGP Junior 10-14 Tahun, pebalap muda berbakat ini kembali bisa menunjukkan taringnya. Dengan bakat yang dimilikinya mampu merangsek finish ketiga.

Patut diajungi jempol. Meski terhitung berumur lebih muda dari para pesaingnya namun bisa memberikan perlawanan sengit pada setiap lapnya. Talenta serta bakat Jason rasanya tak berlebihan jika mendapat acungan jempol.

“Jason belajar naik motor dari umur 4 tahun, kalau ikut balap Mini GP dari umur 6 tahun. Seringnya ikutan balap di Sentul Karting Bogor. Sering juga balap di daerah-daerah luar yang ada Kelas Mini GP,” kata Joey Umboh, ayah dari Jason.

Saat ini Jason Umboh tergabung di tim besutan ayahnya. Timnya bernama JMRT (Junior Motor Racing Team) yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat. Sebagai mentornya adalah pebalap seeded papan atas berprestasi, yaitu Hendra Axo.

“Jason latihan dalam seminggu bisa 2 sampai 3 kali setelah pulang sekolah. Latihannya di Sentul Karting mulai dari teori, teknik balap, fisik dan lainnya,” beber Hendra Axo.

Info tambahan, Jason Umboh juga latihan wushu untuk melatih fisik tangan dan kaki.  Jason Umboh merupakan pebalap cilik yang lahir tanggal 17 Oktober 2008. Saat ini masih menduduki bangku kelas 3 SD (Sekolah Dasar). Oleh ayahnya memang dididik balapan dari usia dini. Tentunya untuk mengasah bakat yang sudah dimilikinya supaya lebih matang.

“Dasarnya Jason memang suka balap, saya berniat mengasah skill-nya dari usia dini. Untuk ke jenjang balap yang lebih tinggi hingga ke ARRC ataupun ke MotoGP,” tutup Joey Umboh yang sangat mendukung Jason ke jenjang balap tertinggi.

  • facebook share

RELATED NEWS

Karel Abraham, Pebalap MotoGP 'Karbitan'

Karel Abraham, Pebalap MotoGP 'Karbitan'

PROFILE
Travic, Satukan Bikers Viar

Travic, Satukan Bikers Viar

PROFILE
Kaisar Sepakbola Franz Beckenbauer

Kaisar Sepakbola Franz Beckenbauer

PROFILE
Wahyu Nugroho Dalami Dua Peran

Wahyu Nugroho Dalami Dua Peran

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company