Langgar Hukum, BOPI Laporkan Persib ke Dirjen Imigrasi

Text : M Rusjdi Alatas | 19 April 2017

SPORTKU.COM

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) berkirim surat kepada Dirjen Imigrasi terkait pelanggaran yang dilakukan klub-klub Liga 1.

Keputusan Persib yang menurunkan Michael Essien dan Carlton Cole di laga pembuka Liga 1, sabtu (15/4) akhirnya berbuntut panjang. Pasalnya keputusan tersebut memaksa Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk melaporkan Persib Bandung ke Direktorat Jendral Imigrasi.

Menurut Sekretaris Jendras BOPI, Heru NUgroho, langkah tersebut terpaksa diambil karena Persib telah melakukan pelanggaran hukum. Alasannya tak lain karena kedua pemain asing milik Persib tersebut sama-sama belum memiliki surat izin untuk bekerja di Indonesia atau biasa disebut Kitas.

''Kami sudah berkirim surat terkait hal tersebut kepada Dirjen Imigrasi. Langkah ini kami ambil karena Persib telah menurunkan pemain asing yang belum memiliki Kitas,'' terang HEru kepada SPORTKU.

Padahal, menurut Heru, BOPI sebelumnya telah memperingati PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 untuk memperingati klub-klub pesertanya agar tidak menurunkan para pemain asing yang belum melengkapi proses administrasi. Itulah kenapa BOPI akhirnya memutuskan untuk mengambil tindakan tegas dengan melaporkan pelanggaran tersebut kepada Direktorat Jenderal Imigrasi.

Menurut Heru, langkah tersebut dilakukan karena BOPI tak memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan dalam pelanggaran yang dilakukan sejumlah klub Liga 1 tersebut. Itulah kenapa hal tersebut mereka limpahkan kepada Dirjen Imigrasi.

''Hal ini sudah kami beritahukan sebelumnya kepada PT LIB selaku operator. Kami sendiri sangat menyangkan hal ini terjadi, tapi karena ini adalah sebuah bentuk pelanggaran hukum, maka kami harus melaporkannya kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini adalah Dirjen Imigrasi,'' jelas Heru.

Dan ternyata, bukan hanya Persib yang menurunkan pemain asing tanpa Kitas, sejumlah klub seperti Madura United, Persela Lamongan dan sejumlah klub Liga 1 lainnya juga dilaporkan ke Dirjen Imigrasi karena melakukan pelanggaran yang sama.

''Jadi dalam surat yang kami kirimkan ke Dirjen Imigrasi kami cantumkan nama-nama klub yang melakukan pelanggaran tersebut. Dan disitu kami juga menerangkan kalau yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1. Jadi memang dalam surat itu kami arahkan agar penyelesaiannya dibicirakan kepada PT LIB selaku operator,'' tutur Heru.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Carolina Marin Promosikan LaLiga Spanyol

Carolina Marin Promosikan LaLiga Spanyol

FOOTBALL
Taman Bermain Messi di Tiongkok

Taman Bermain Messi di Tiongkok

FOOTBALL
Efek Corsa Terjun ke Sepakbola

Efek Corsa Terjun ke Sepakbola

FOOTBALL
Masuk Timnas, Irfan Bachdim Sedih

Masuk Timnas, Irfan Bachdim Sedih

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company