Menanti Duel Vinales vs Marquez di MotoGP Austin

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 20 April 2017

SPORTKU.COM

Para pebalap MotoGP bersiap untuk melanjutkan aksinya di putaran ketiga akhir pekan ini. Mereka akan tampil di Sirkuit Austin, Amerika.

Menarik menunggu aksi para pebalap MotoGP di Seri 3 musim ini. Hingga kini pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales mash unggul dengan 50 poin berkat kemenangan sempurnanya di seri Qatar dan Argentina. Mungkinkan pebalap muda Spanyol itu bisa kembali finish terdepan?

Circuit Of The Americas (COTA) atau yang biasa dikenal dengan Sirkuit Austin bakal menjadi lokasi digelarnya event bergengsi tersebut. Sirkuit sepanjang 5.513meter dengan kapasitas 120 ribu penonton tersebut memiliki kisah manis bagi pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Musim lalu, juara bertahan tersebut berhasil keluar sebagai juaranya. Di posisi kedua adala Jorge Lorenzo yang kala itu masih membalap bersama Yamaha. Menyusul di peringkat tiga adalah Andrea Iannone, mantan pebalap Ducati yang kini membalap untuk Suzuki Ecstar.  Sementara itu, Vinales tertinggal di posisi keempat dan Valentino Rossi memiliki kisah pilu karena gagal finish.

Dua pebalap Yamaha itu kini berada dalam momen terbaiknya. Dua kali gelaran pembuka MotoGP, baik Vinales maupun Rossi selalu finish di podium. Namun melihat persaingan tahun ini, kedua pebalap Yamaha itu tentunya akan merima serangan dari para lawan. Terutama dari Marquez yang nyatanya punya data apik di Sirkuit Austin.

Bisa jadi, kemenangan Marquez tahun lalu akan menjadi modal baginya untuk kembali meneror para lawan mainnya.  Bukan tanpa alasan jika mengatakan Marquez merupakan kandidat kuat jawara MotoGP Amerika 2017. Data menyebutkan jika pebalap bernomor 93 itu tak pernah terkalahkan di Sirkuit Austin.

Sejak pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP di tahun 2013, Sirkuit Austin selalu menjadi arena kemenangan bagi Marquez.  Pembangunan Sirkuit Austin selesai akhir tahun 2012. MotoGP untuk pertama kalinya digelar di sini pada tahun 2013. Salah satu fitur khas dari sirkuit ini adalah adanya tanjakan dengan ketinggian 41meter dan langsung diikuti tikungan tajam ke kiri.

Trek ini juga menjadi salah satu sirkuit yang paling beragam di arena GP. Dengan perpaduan trek lurus dan tikungan cepat, sebagian besar mencerminkan setidaknya beberapa bagian dari lintasan terkenal di seluruh dunia. Desainnya dirancang oleh arsitek dan perancang sirkuit  terkenal dari Jerman Hermann Tilke.

Berlawanan dengan arah jarum jam, Sirkuit Austin memiliki total 20 tikungan. Dengan 9 tikungan ke kanan dan 11 ke kiri.

Baca Juga
Aksi Tipu-tipu Pebalap ARRC

  • facebook share

RELATED NEWS

Galeri Foto Kejurnas IRS

Galeri Foto Kejurnas IRS

INDOSPEED
Bold Xperience Ikutan MotoGP 2018

Bold Xperience Ikutan MotoGP 2018

MOTO2
Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company