Bos Tim F1 Puji Sean Gelael

Text : Dedi Hermawan | 21 April 2017

Bos Tim F1 Puji Sean Gelael

SPORTKU.COM

Team Principal Scuderia Toro Rosso Franz Tost memuji skill Sean Gelael dan punya harapan untuk berlaga di ajang balap F1.

Pujian dari Franz Tost jelas bukan perkara remeh. Sebagai bos tim, pria yang pernah membina pebalap F1 Ralf Schumacher ini dikenal selalu bicara dengan data. Termasuk ketika ia mengomentari penampilan Sean Gelael saat melakukan ujicoba F1 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Selasa silam (19/4). 

Di depan ratusan mata ia membandingkan performa Sean yang terekam dalam data telemetri dengan data seorang pebalap F1 Toro Rosso. “Kita lihat dalam data ini, apa yang dilakukan Sean di lintasan tidak beda jauh dengan aksi pebalap F1,” ucap Tost. “Grafik titik pengereman, menikung dan akselerasi yang dilakukan Sean cukup bagus. Ingat, Sean melakukannya di kali pertama mengendarai mobil F1,” imbuh Tost. Meski awalnya tidak menyebutkan siapa pebalap F1 yang dibandingkan, Tost sempat mengucap Daniil. Sepertinya, data telemetri yang dibandingkan memang miliki Daniil Kvyat, pebalap Toro Rosso yang di tahun ini bakal menjalani musim ke-4 nya. Apalagi, mobil yang dijajal Sean adalah mobil F1 yang biasa dipakai pebalap Rusia itu.

Menurut Tost, Sean termasuk cepat dalam hal beradaptasi dengan mobil F1. Namun, yang juga menjadi perhatian dari Tost adalah kemampuan putra Ricardo Gelael itu dalam memberikan masukan atau feedback kepada engineer. “Sean dapat berkomunikasi dengan baik serta memberikan feed back kepada engineer sesuai yang dibutuhkan,” papar Tost. Di ajang balap, komunikasi antara pebalap dan engineer memang menjadi salah satu kunci keberhasilan. “Tanpa masukan yang tepat dari pebalap, engineer akan kesulitan dalam membantu mengembangkan performa mobil,. Komunikasi keduanya harus bagus,” ujar Tost kepada Sportku. 

Tost berpendapat kemampuan Sean akan semakin terasah jika semakin sering mengendarai mobil F1. Oleh karena itu ia berharap Sean dapat kembali menjalani tugas sebagai test driver Toro Rosso di Hongaria dan Abu Dhabi. “Saya undang Sean untuk kembali hadir di garasi Scuderia Toro Rosso sebagai test driver di Hongaria dan Abu dhabi,” pungkas Franz Tost.   

Saat testing di Bahrain, Sean Gelael mencetak waktu 1m 33,885d dan berada di posisi 8 dari 12 pebalap yang turun di hari itu. Bagi seorang yang baru mengendarai mobil F1, catatan tersebut memang terbilang bagus.  

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Cerita Sean Tentang Peranan Engineer

Cerita Sean Tentang Peranan Engineer

FORMULA 2
Sean Gelael Berbagi Ilmu Balapan

Sean Gelael Berbagi Ilmu Balapan

FORMULA 2
Pertamina Arden Diperkenalkan di Jakarta

Pertamina Arden Diperkenalkan di Jakarta

FORMULA 2
Aksi Sean di Mobil F1

Aksi Sean di Mobil F1

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company