Kejuaraan BMX SX di Banyuwangi Diprediksi Lebih Seru

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Banyuwangikab.go.id | Media Source: kabupaten banyuwangi | 21 April 2017

SPORTKU.COM

Kejuaraan BMX Supercross (SX) Banyuwangi International BMX 2017 yang akan dimulai besok hingga Minggu mendatang, diprediksi berjalan lebih seru.

Pasalnya, kejuaraan MTB SX ini diikuti oleh sejumlah pebalap BMX top nasional dan internasional. Dari luar negeri, setidaknya ada lima negara yang telah datang, diantaranya Australia, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, hingga Hongkong. 

"Kali ini, para pebalapnya lebih banyak yang diturunkan. Tahun lalu, Australia hanya menurunkan satu pebalap. Kini langsung lima pebalap. Jepang juga demikian. Kemarin hanya dua orang, sekarang empat orang," ungkap konsultan kompetisi Dadang Haries yang juga merupakan pelath timnas BMX saat konferensi pers di Bandara Blimbingsari, Jumat (21/4).

Persaingan di sirkuit Muncar, yang menjadi venue kejuaraan ini, juga akan semakin seru dengan masuknya pebalap dari timnas Malaysia.

"Mereka menurunkan full team dalam race kali ini. Mereka sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games tahun depan di Malaysia," tambah Dadang.

Komposisi demikian, lanjut Dadang, akan memberikan tantangan cukup sengit bagi para pebalap timnas, yang juga bersiap untuk berlaga di Asian Games. Toni Syarifudin, salah satu pebalap timnas Indonesia, akan menemui lawan-lawan yang cukup berat yang secara ranking umumnya lebih tinggi.

"Rata-rata pebalap internasional yang mengikuti event ini, memiliki ranking yang lebih baik dari pada para pebalap nasional," terang Dadang.

Akan tetapi, Dadang optimis, para pebalap Indonesia akan mampu bersaing dengan pebalap mancanegara lainnya. Toni cs telah mengenal sirkuit Muncar dengan baik, ketimbang para pebalap lainnya.

"Tentu ini menjadi poin plus untuk para pebalap nasional untuk bisa bersaing," kata Dadang yang merupakan pria asli Banyuwangi itu. 

Untuk kategori Women Elite, pebalap Nasional Elga Charisma Novanda, diprediksi bakal berjalan mulus. Tak banyak pebalap putri, baik dari dalam maupun dari luar negeri, yang sepadan dengan pemenang Banyuwangi International BMX tahun lalu ini.

"Untuk Women Elite, Elga saya kira tidak akan menemukan banyak kesulitan," cetus Dadang.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menuturkan, Banyuwangi International BMX ini adalah cara Banyuwangi mengembangkan sport tourism.

"Dengan event BMX ini, merupakan bagian dari cara Banyuwangi mengembangkan sport tourism. Yaitu, pengembangan pariwisata berbasis olahraga," ujar Anas.

Event ini, imbuh Anas, tidak semata untuk menumbuhkan olahraga, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Banyuwangi.

"Saat ini, 90 persen peserta menginap di home stay yang disiapkan oleh warga sekitar. Artinya, ini menggerakkan perekonomian warga Banyuwangi," jelasnya.

Tidak hanya dalam bidang penginapan, tapi bidang-bidang lain juga akan ikut bergerak seiring dengan datangnya banyaknya orang yasng hadir ke event tersebut.

"Mereka jelasnya butuh makan, beli oleh-oleh, kadang ada juga yang sekaligus rekreasi, maka semakin banyak sektor perekonomian yang berputar," pungkas Bupati Banyuwangi tersebut.

 

 

Baca juga
Rider BMX Asing Turut Bersaing di Banyuwangi

  • facebook share

RELATED NEWS

“Mimpi” Arya Dypta

“Mimpi” Arya Dypta

STREET & PARK
Final FISE Edmonton

Final FISE Edmonton

STREET & PARK
Rider BMX Indonesia Membanggakan

Rider BMX Indonesia Membanggakan

SUPER CROSS
Indonesia Sapu Bersih Emas BMX

Indonesia Sapu Bersih Emas BMX

SUPER CROSS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company