Real Madrid Bisa Dengan Mudah Tumbangkan Barcelona

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Muhammad Rusjdi | 23 April 2017

SPORTKU.COM

Real Madrid lebih diunggulkan untuk bisa menang di laga kontra Barcelona dini hari nanti, Senin (24/4)

Laga El Clasico kedua di musim ini akan kembali tersaji dini hari nanti. Bahkan tensi di atas lapangan dipastikan bakal lebih panas dibanding pertemuan sebelumnya, karena di laga ini setiap poinnya akan sangat berharga, lantaran Real Madrid dan Barcelona sama-sama membutuh poin sempurna untuk bisa memenangkan gelar juara La Liga.

Bagi Real Madrid, tambahan tiga angka akan membuat mereka bisa melebarkan jarak dari Barcelona yang kini berada di posisi kedua dengan selisih tiga angka. Sedangkan bagi Barcelona, peluang mereka untuk menjuarai La Liga musim ini akan sirna bila saja kali ini gagal meraih hasil sempurna.

Namun untuk bisa merebut tiga angka tentunya tidak akan mudah bagi Barcelona. Pasalnya Barcelona kini bukan lagi tim solid yang memiliki kekuatan sempurna di semua lininya. Bahkan, bisa dikatakan kalau skuat yang dimiliki Barcelona musim ini tidak cukup kuat untuk menjaga derajat sebagai klub terbaik dunia.

Pertahanan

Keputusan Barcelona melepas Dani Alves di awal musim ini jelas menjadi kesalahan tebesar mereka. Hal inilah yang akhirnya membuat Barcelona tak punya keseimbangan di atas lapangan.

Keputusan Luis Enrique merubah formasi dari yang sebelumnya 4-3-3 menjadi 3-4-3 juga adalah buah dari lemahnya sektor pertahanan sebelah kanan. Bahkan, formasi ini membuat Enrique harus mengorbankan Lionel Messi untuk bermain lebih ke dalam, sehingga Messiah terkadang harus memiliki peran ganda sebagai pencetak gol maupun pengatur serangan.

Bisa dikatakan kalau Barcelona saat ini seakan hanya mencoba untuk bertahan dengan skuat yang ada hingga dibukanya kembali bursa belanja pemain. Pasalnya, di bangku cadangan La Blaugrana juga tak memiliki banyak pilihan yang bisa menjadi pemecah kebuntuan.

Hal tersebut jelas berbanding terbalik dengan Real Madrid yang musim ini bisa dibilang sangat solid. Bukan hanya memiliki skuat yang nyaris sempurna, Madrid juga memiliki cukup pemain pelapis yang bisa dibilang memiliki kekuatan yang nyaris sama dengan skuat utama. Hal inilah yang membuat Madrid di musim ini tampak lebih kuat sebagai tim.

Lini Serang

Sanksi larangan bermain yang diterima Neymar membuat Barcelona tidak bisa menurunkan trisula andalan mereka di laga El Casico dini hari nanti. Memang, hingga saat ini Barcelona terus berusaha untuk melakukan banding. Namun dengan hanya beberapa jam tersisa sebelum dimulainya laga kontra Real Madrid, tampaknya harapan mereka untuk bisa merubah ketetapan tersebut akan sangat sulit.

Dengan hanya bisa mengandalkan Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan, jelas akan menjadi sangat berat bagi Barcelona. Terlebih lagi, buruknya catatan Lionel Messi di beberapa laga El Clasico terakhir, membuat sang pemegang lima gelar pemain terbaik dunia ini diragukan bisa tampil apik.

Messi yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak El Classico, nyatanya sama sekali tak bisa membobol gawang Real Madrid dalam tiga tahun terakhir. Gol terakhir yang dicetak Messi ke gawang El Real tercipta pada laga El Clasico yang berlangsung 24 Maret 2014 silam. Hal ini tentunya menjadi bukti, kalau Real Madrid sudah tahu benar bagaimana mematikan pergerakan Messi di atas lapangan.

Terlebih lagi, kekalahan Barcelona dari Paris Saint Germain (PSG) dan Juventus di gelaran Liga Champions Eropa, jelas menjadi sebuah petunjuk bagi El Real untuk bagaimana caranya mendikte permainan El Barca.

Sebaliknya, di musim ini Real Madrid musim justru berhasil tampil lebih solid. Memang, Zidane tampak belum mampu menunjukan karakter dalam pola permainan Madrid. Namun dengan menjaga mood para pemainnya, Zidane berhasil membuat pemain El Real mengeluarkan kualitas permainan terbaik mereka di atas lapangan.

Bila saja mampu mengkombinasikan pertahanan yang kuat dan serangan balik cepat dengan sempurna, dipastikan akan sangat mudah bagi Real Madrid untuk meraih hasil sempurna saat hadapi Barcelona.

Tapi sayangnya sepak bola bukanlah matematika. Meski Barcelona kalah dari sisi kualitas pemain yang akan diturunkan, namun ada banyak faktor yang bisa membuat permainan berakhir di luar dugaan. Terlebih lagi, ini adalah pertemuan dua tim raksasa yang hingga sama-sama menakutkannya di daratan Eropa.

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Pemain Wajib Dibeli MU

5 Pemain Wajib Dibeli MU

FOOTBALL
Indra Sjafri:  Kami akan Habis-habisan

Indra Sjafri: Kami akan Habis-habisan

FOOTBALL
Jupp Heynckes Paling Senior

Jupp Heynckes Paling Senior

FOOTBALL
Messi  Catatkan 100 Gol

Messi Catatkan 100 Gol

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company