Fiat Abarth 131 Rally "Jadian-jadian" di ajang Sprint Rally 2017

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima,Sonny Hastara | 25 April 2017

SPORTKU.COM

Kehadiran Fiat Abarth 131 milik Gulam di seri pertama Kejurnas Sprint Rally King of Kings Retro sukses menjadi pusat perhatian.

Mobil lansiran Italia tahun 1976 ini sukses mencuri perhatian kalangan reli saat gelaran pertama Kejurnas Sprint Rally bertajuk King of Kings Retro 2017 yang digelar di Sirkuit Chanti Dharma, Sentul, Jawa Barat, awal April lalu. Pacuan milik Edwin Djaya dan Gulam memang terbilang unik. Pasalnya Fiat Abarth 131 yang berkelir putih dan hijau ini sama identiknya dengan mobil yang digunakan oleh pereli M Alen.

Gulam mengakui bahwa sebetulnya inspirasi membangun Fiat Abarth 131 ini ia dapatkan dari mainan remote control (RC) yang dimilikinya. Punya impian seperti itu, Gulam pun berusaha untuk membuatnya versi nyata dari mobil RC tersebut dengan skala 1:1. Alhasil, begitu mobil ini perdana digunakan, banyak pereli dan penonton terkesima melihat kerja keras Gulam dalam merealisasi mimpinya tersebut.

Dalam mewujudkan keinginan itu, pereli ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Menurut pengakuan pereli berbadan tambun ini, ia menghabiskan waktu kurang lebih dua tahun untuk mengumpulkan seluruh komponen untuk pacuannya. Bisa dibilang, mobil yang dikerjakan oleh beberapa workshop ini masuk dalam kategori semi tubular. Bagian yang dipotong antara lain adalah dari sasis di bagian mesin.

Dengan begitu, kini mobil Fiat Abarth 131 tersebut hanya menggunakan pipa yang disambung sebagai dudukan mesin. Tidak hanya itu, bagian interior pun juga dibuat semirip mungkin dengan versi nyatanya. Pemasangan rollbar, sistem elektrik, memang menjadi pekerjaan khusus yang harus dipantau. Meski begitu, tetap saja namanya mobil baru dipakai dalam event perdana, Gulam, masih mengeluhkan ada beberapa hal yang belum bekerja secara maksimal.

"Untuk pada event ini memang kita masih banyak penyesuaian dari segi handling juga, masih harus banyak development-nya karena ini adalah event pertama kali. Karena basic-nya mobil ini semi tubular dengan menggunakan mesin Honda F20C dengan suspensi mengadopsi 4-link geometri yang kebanyakan dipakai untuk jeep. Sementara untuk bodi juga kita coba menirukan replika Abart 131 rally yang ada," beber Gulam.

Usai melakoni seri perdana tersebut, Gulam, langsung mengatakan bahwa salah satu yang harus dibenahi adalah kinerja suspensi. Menurutnya settingan suspensi masih kurang keras sehingga membuat body roll mobil masih terasa memnbuang. Untuk itu, demi mempersiapkan kinerja yang lebih maksimal, dirinya akan berkonsultasi dengan mekanik agar saat melakoni seri kedua nanti di Paramount BSD, Serpong, memberikan performa yang luar biasa.

Gulam dengan mobil barunya Fiat Abarth 131sprint-rally-tarmac-seri-39032388c0cca76.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

“Surga” Bagi Pebalap Retro

“Surga” Bagi Pebalap Retro

CUSTOM
Honda CRF150L Bisa di Custom

Honda CRF150L Bisa di Custom

CUSTOM
Honda Pcx 2017 Si Semok

Honda Pcx 2017 Si Semok

CUSTOM
Modifikasi Honda Pcx 2017

Modifikasi Honda Pcx 2017

CUSTOM

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company