Mitra 2000 Gelar Edukasi Setting Suspensi

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 26 April 2017

Langkah Penting Saat Pasang Suspensi

SPORTKU.COM

Banyak hal yang harus diperhatikan saat pemasangan suspensi untuk mendapatkan kenyaman berkendara.

Oleh karena itu, Mitra 2000 selaku distributor suspensi YSS asal Thailand menggelar edukasi Racing Training YSS Suspension. Dalam gelaran yang diselenggarakan di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor, Jawa Barat tersebut, YSS mengajak para pelaku balap, mekanik dan komunitas.

"Kita bagi konsumen menjadi tiga, ada yang penyuka racing, modifikasi dan harian. Yang kita undang hari ini adalah klub atau komunitas motor sport yang memang bergelut di dunia racing dan modifikasi. Untuk disetting sok sendiri, kita ajarkan bagaimana cara mengukur sok untuk semua merek," ungkap Benny Rachmawan, R&D dari Mitra 2000 Group.

Menurutnya, saat ini masih banyak para bikers yang melakukan settingan suspensi dengan hanya menggunakan feeling dan tidak menggunakan data. "Saat ini basic-nya kan berawal dari feeling. Parameternya apa untuk mengetahui feeling itu benar atau tidak. Ya kita harus punya data yang diperlukan untuk penyettingan sok," imbuhnya.

Beberapa aturan pun harus dilakukan saat pemasangan sok. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar saat sudah terpasang sok akan memberikan kenyamanan saat dikendarai. Jadi intinya bukan hanya asal pasang sok yang akhirnya justru membuat pengendaranya tidak nyaman.

"Kalau dari cek list saya, sebenarnya untuk urutan pemasangan sok harus dicek dulu swing armnya. Sudah bekerja dengan baik atau tidak. Dan setelah itu baru sok dipasang. Ada beberapa parameter yang harus diperhatikan, sok sudah benar-benar lurus atau tidak pemasangannya," sambung Benny.

Pemasangan sok belum selesai di situ. Lanjut Benny, langkah selanjutnya adalah cek frame, rangka sudah lurus atau belum antara depan dan belakang. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah cek tekanan ban. "Ada paradigma, tekanan ban depan lebih keras dibandingkan belakang. Sedangkan di Indonesia justru terbalik."

Akan tetapi Benny mengatakan tidak ada yang salah dengan tekanan ban depan keras dan belakang empuk atau sebaliknya. Kesimpulannya, tekanan ban lebih keras maka akan membuat motor semakin liar. Begitu juga sebaliknya. "Itu sesuatu yang harus kita tes dan kita buktikan," singkat Benny.

Langkah berikutnya adalah melakukan setting spring. Lanjut ke penyetelan reborn dan yang terakhir adalah compression. "Kompresi ini untuk koreksi hal-hal kecil. Misalnya di 8 belokan bagus tapi di satu belokan kok getar. Nah kompresi untuk menolong hal-hal seperti itu," pungkas Benny.

Untuk lebih mendalam mempelajari setting suspensi, Mitra 2000 juga mendatangkan langsung Gregory John Smith selaku R&D and Racing Specialist YSS Thailand. Gregory yang telah berkecimpung di berbagai event balap dunia memberikan edukasi langsung kepada para peserta.

Menurutnya, setting suspensi untuk kebutuhan balap memang sangat sensitif. Sama halnya dengan Benny, tekanan ban juga menjadi hal yang tak boleh ditinggalkan pengecekannya. Pengukuran setelan reborn dan kompresi juga tak kalah penting. "Parameternya disesuaikan dengan gaya balap dari pebalapnya tersebut dan juga trek," singkat Gregory yang sejak tahun 1981 berkecimpung di bidang suspensi.

Turut hadir dalam kegiatan ini para pebalap papan atas seperti Ahmad Saugi Muchtar yang saat ini balapan di Asia Road Racing Championship (ARRC) Kelas Suzuki Asian Challenge (SAC) dan juga M. Fadli Immamuddin, mantan pebalap ARRC yang kini sibuk dengan kegiatan sekolah balapnya, 43 Racing School.

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company