Pelumas Ipone Kuasai Penjualan di Perancis

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Dedi Hermawan | 27 April 2017

SPORTKU.COM

Pabrikan oli Perancis siap menggebrak pasar Indonesia. Adalah ipone yang kini tengah mempersiapkan strategi untuk bisa bersaing di Tanah Air.

Ipone lahir pada tahun 1985 silam dengan semboyan 100% Motorcycle. Dengan berbagai inovasi yang telah dikembangkan, dalam kurun waktu 10 tahun Ipone bisa menjadi pemimpin pasar. Khususnya di kategori pelumas 2T di Perancis. dengan keberhasilannya tersebut, Ipone semakin percaya diri.

Hingga akhirnya untuk pertama kalinya Ipone melakukan ekspor di tahun 1997. Di tahun 1999, Ipone bertransformasi dengan menciptakan pelumas kemasan 1 liter untuk mesin 2T. Perjalanan Ipone terus berada dalam puncak kesuksesan. Hingga menjadi market leader di Perancis dengan menguasai market share 33 persen di tahun 2000.

"Kita (Ipone) menjadi market leader di Perancis. Menjadi pemimpin pasar dengan market share 33 persen. Banyak juga pemain oli besar di Perancis," ungkap Federic Olivier, Director Asia Pacific Ipone.

Tak puas dengan pencapaiannya di segmen pelumas untuk motor harian, Ipone pun mulai terjun ke dunia balap. Dimulai sekitar tahun 2003, Ipone berkolaborasi dengan Yamaha Motor France dalam berbagai ajang balap motor. Keberadaan Ipone di dunia balap terus melebarkan sayap.

Tahun 2012, Ipone bekerjasama dengan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Ipone ternyata semakin serius membuka peluangnya di dunia balap. Masih di tahun 2012, Ipone meluncurkan varian pelumas khusus untuk kebutuhan balap. Perjalanan Ipone di balap tak terhenti di sini.

Jangkauan Ipone ternyata semakin meluas. Tahun 2014, Ipone menjadi sponsor resmi kejuaraan dunia motocross atau yang lebih dikenal dengan nama Motocross Grand Prix (MXGP). Kerjasama Ipone dengan MXGP pun terus berlangsung hingga saat ini. Dengan kesuksesannya tersebut, produk pelumas Ipone kini tersedia lengkap baik untuk mesin 2T maupun 4T.

Kini Ipone pun tengah bersiap untuk masuki pasar Indonesia yang menjadi salah satu target market. Dengan penjualan sepeda motor yang menyentuh angka jutaan unit, bisa jadi Ipone menjadi salah satu solusi pemekaian oli oleh para bikers di Indonesia.

Strategi Ipone untuk lebih dikenal di kalangan bikers Tanah Air pun terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar acara ‘Brand Introduction & Product Knowledge Ipone Lubricant’ belum lama di kawasan Depok, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini Ipone juga mendatangkan para bikers dari berbagai kalangan. Baik pelaku balap maupun komunitas dan klub.

"Ada oli yang didevelop khusus untuk balap. Strategi agar lebih dikenal masyarakat, kita akan sering bikin event dan kasih edukasi ke mereka. Kita juga support pebalap di balap motocross dan road race untuk membuktikan kualitas oli yang tidak merusak mesin dan bisa nambah performa," beber Roy Darma Putra, Direktur Utama PT Asia Tranzmark Racing, distributor Ipone di Indonesia.

Sambung Roy, diakui oleh crosser Yosua Pattipi yang sudah menggunakan olie Ipone di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross, perpindahan gigi menjadi lebih stabil. Saat ini Ipone memang masih dominan di ajang balap motocross.

"Saat ini memang masih support pebalap dan tim di motocross, tapi ke depan kita juga pasti akan masuk ke road race. Ini juga menjadi ajang bagi kita untuk riset," pungkas Roy yang tak lain adalah ayah dari crosser Reza Dharma Putra yang saat ini turun di Kejurnas Motocross.

Baca Juga
Pelumas Asal Perancis Ipone Bidik Pasar Indonesia

  • facebook share

RELATED NEWS

PUMA Perkenalkan Teknologi Baru

PUMA Perkenalkan Teknologi Baru

BUSINESS & TECHNOLOGY
Komponen MTB Öhlins di Indonesia

Komponen MTB Öhlins di Indonesia

BUSINESS & TECHNOLOGY
DAM-AHASS Luncurkan Servis “Paket Hebat”

DAM-AHASS Luncurkan Servis “Paket Hebat”

ATPM
Ebike Yamaha

Ebike Yamaha

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company