Wayne Rainey Kagum dengan Motivasi Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcyclenews | Editor: Andi Wahyudi | 27 April 2017

SPORTKU.COM

Keberhasilan Rossi di tiga balapan MotoGP 2017 membuat Wayne Rainey berdecak kagum. Pebalap Amerika tersebut turut menyoroti langkah manis Rossi.

Langkah Valentino Rossi di MotoGP 2017 belum surut. Pebalap Movistar Yamaha tersebut masih berada di puncak kepopulerannya. Apalagi setelah ini menjadi pemuncak klasemen sementara. Raihan Rossi di tiga balapan pembuka MotoGP 2017 berjalan mulus dengan finish di podium juara.

Saat balapan di Qatar, Rossi tampil memukau. Start dari posisi 10 memang tak banyak memberikan peluang besar baginya untuk bisa tembus ke barisan depan saat itu. Namun hal itu langsung ditepis dengan finish ketiga. Kelihaian dan pengalaman Rossi sebagai pebalap senior Grand Prix (GP) patut diacungi jempol.

Lanjut ke balapan di Argentina, sama seperti penampilannya di Qatar. Dimana Rossi banyak menderita saat sesi latihan bebas. Buntutnya, di babak kualifikasi pebalap asal Italia ini hanya bisa bertengger di peringkat 7. Namun bisa finish kedua saat final.

Sebagai pebalap dengan penuh pengalaman, nyali Rossi kembali dibuktikan di Sirkuit Austin, Amerika. Dalam penampilannya kali ini Rossi juga masih menemui beberapa masalah di latihan bebas. Akan tetapi beragam masalah bisa diantisipasi olehnya, hingga menembus posisi grid kedua kualifikasi. Balapan pun berhasil dia lakukan dengan baik dan finish kedua.

Dari hasil tiga balapan tersebut, Rainey menyimpulkan bahwa Rossi 'yang sebenarnya' baru muncul di hari Minggu. Berada dalam kesulitan setiap sesi latihan dan berhasil finish di podium, bagi Rainey hal itu bukanlah suatu kebetulan.

"Valentino (Rossi) adalah pebalap tua yang terlihat seperti dia tidak perlu berlatih, kualifikasi, mengembangkan motornya pada hari Minggu, dia bisa balapan dan itulah yang menjadi segalanya. Tentu saja dia berusaha keras dalam semua ini. Tapi, saya pikir the real Valentino baru muncul pada hari Minggu," ungkap Rainey.

Rainey sangat kagum dengan bagaimana caranya pebalap Italia itu menemukan motivasi untuk bertahan dalam usaha dan pengorbanan yang dibutuhkan dalam bertarung di puncak MotoGP. Rainey percaya ini adalah kombinasi antara kenikmatan yang dirasakan Rossi, ditambah tantangan baru yang ditawarkan oleh perubahan regulasi, yang membuat kelas utama berkembang sejak 2002.

"Saya baru saja berbicara dengan Valentino, saya pikir dia sangat menikmati balapannya, dia menikmati kompetisi, dia menikmati usahanya, dan itu segalanya," Rainey mengungkapkan.

"Ketika saya melihat ke masa lalu, saya berpikir bagaimana saya bisa mengubahnya? Mungkin salah satu cara yang akan terjadi, jika balapan (mesin) 4 stroke muncul lebih cepat. Itu baru terjadi pada saat saya mundur (dari balap), dan (balapan) benar-benar berubah banyak setelah itu."

"Saya adalah orang Amerika yang tinggal di Eropa, saat saya berumur 33 tahun. Saya hanya menunggu hari Minggu, karena saya tahu motivasi saya bagus pada hari perlombaan. Tidak di hari Jumat dan Sabtu. Seringkali kita memenangkan balapan yang seharusnya tidak dimenangi, dan saya menyukai bagian itu!" pungkas pebalap yang lahir di Kota Downey, California, Amerika Serikat pada 57 tahun lalu.

Rainey sendiri merupakan salah satu pebalap yang banyak ditakui lawan pada zamannya. Pernah menjadi juara AMA Superbike pada tahun 1987. Di ajang Grand Prix (GP), dia berhasil merebut titel juara dunia GP 500 sebanyak 3 kali, yaitu tahun 1990, 1991, dan 1992, dengan mengendarai motor Yamaha.

Dia juga menjadi pebalap Amerika kedua yang merebut gelar juara dunia GP 500 3 kali berturut-turut bersama Yamaha, setelah Kenny Roberts.  Pada musim balap 1993, saat memimpin klasemen sementara GP 500, Rainey mengalami kecelakaan di Sirkuit Misano, Italia yang membuatnya lumpuh. Akibat kecelakaan itu karier balapnya terhenti.

  • facebook share

RELATED NEWS

Yamaha Salahkan Rossi

Yamaha Salahkan Rossi

MOTOGP
Pebalap MotoGP 2017 Paling Sial

Pebalap MotoGP 2017 Paling Sial

MOTOGP
Yamaha Siapkan Pengganti Rossi

Yamaha Siapkan Pengganti Rossi

MOTOGP
Event Balap Kembali ke Soreang

Event Balap Kembali ke Soreang

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company