Menikmati Sensasi Polygon Siskiu D6

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | 29 April 2017

Sensasi Polygon Siskiu D6

SPORTKU.COM

Polygon menjadi salah satu produsen sepeda lokal yang aktif meluncurkan beragam sepeda setiap tahunnya.

Varian sepeda yang dirilis Polygon ke pasar biasanya sangat bervariasi, mulai dari road bike, Urban dan MTB dan pada tahun ini, Polygon pun kembali meluncurkan sepeda, termasuk di genre MTB, yang salah satunya adalah Siskiu D6. SPORTKU.com berkesempatan melihat dari dekat sepeda tersebut sekaligus mencobanya.

Siskiu D6 tampak ramping namun berkarakter

test-bike-polygon-siskiu-64770ee692d43c3.jpg

Siskiu D6 merupakan salah satu varian dalam keluarga MTB Siskiu dan diposisikan dalam segmen XC Trail. Bisa dikatakan, MTB ini memang ditujukan untuk kalangan pehobi yang menginginkan kenyamanan selama bertualang.

Siskiu D6 hadir dengan paket yang cukup menarik, baik desain atau tampilan maupun komponen disematkan. Dari sisi desain, MTB ini memiliki tampilan yang ramping sehingga membuatnya terkesan ringan dan lincah saat dikendarai. Dengan paduan warna abu-abu dan merah membuat MTB ini pun makin cool dan maskulin.

Selain itu, Siskiu D6 memiliki serangkain fitur menarik, diantaranya frame yang dibangun material alloy berteknologi ALX Advanced hydroformed berikut linkage driven single pivot, yang membuat MTB ini akan terasa lebih nyaman saat melintasi single track, dibanding MTB tipe hardtail.

Frame Siskiu D6 juga telah didukung teknologi tapered head tube yang membuat frame-nya, terutama bagian depan, lebih kuat. Teknologi tersebut juga terdapat pada sepeda kelas atas Polygon, yakni Collosus DH9 atau Helios LT9 Black.

Shock Suntour Raidon

test-bike-polygon-siskiu-719998fd3a1a32d.jpg 

Sebagai sepeda bersuspensi ganda, Siskiu D6 menggunakan komponen suspensi dari pabrikan Jepang, SR Suntour, yakni suspensi dengan pegas udara tipe Raidon untuk bagian belakang dan XCM HLO untuk area depan atau fork. Kedua suspensi tersebut juga telah dilengkapi fitur Lock sehingga lebih fungsional bagi pengendara. Saat melintasi jalan datar atau aspal, pengguna bisa mematikan fitur peredaman sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih efisien.

Untuk menunjang performanya, Siskiu D6 dibekali drivetrain 27 speed (3x9speed) dari Shimano (Alivio mix) dan rim besutan Araya DM-50 serta ban dari pabrikan asal Jerman, Schwalbe Smart Sam. Ukuran road sepeda ini juga telah mengikuti tren saat ini, yakni 27,5 inci atau 650B. Sedangkan untuk area kokpit dan sadel, Siskiu D6 dibekali komponen yang semuanya dari pabrikan Entity. 

Setelah puas mengamati setiap jengkal dari Siskiu D6, giliran berikutnya adalah mencoba performanya. Untuk hal ini, SPORTKU.com membawa MTB ini ke single track di kawasan Depok, Jawa Barat.

Sebelum memasuki single track, kami sempat melintasi jalan aspal yang mulus. Dengan mematikan fungsi suspensi, Siskiu D6 terasa lebih nyaman dikendarai. Setiap kayuhan pedal pun terasa lebih efisien.

 Mencoba Siskiu D6 di single trackMencoba Siskiu D6 di single track

test-bike-polygon-siskiu-548337151184986.jpg

Sedangkan saat memasuki track dan fungsi peredaman pada suspensi diaktifkan, rasanya memang terasa beda. Lintasan yang bergelombang dan sesekali tertutup akar, bukan jadi masalah. Ayunan suspensi saat meredam setiap guncangan terasa cukup baik dan membuat perjalanan etrasa lebih nyaman.

Digunakannya ban dengan tapak yang tak terlalu lebar juga membuat Siskiu D6 terasa ringan saat dikayuh dan lincah ketika dikendalikan. Melakukan manuver atau melewati drop yang ada pun terasa jadi lebih asyik. Karet pada tapak ban pun cukup “lengket” terhadap lintasan. Akan lebih mantap lagi jika ukuran angin diatur sesuai bobot rider.

Kinerja pengereman juga terasa cukup baik. Rem cakram hidrolik Shimano pada MTB ini bekerja dengan baik untuk memperlambat kecepatan.

Siskiu D6 mungkin sudah sangat memadai bagi kalangan pehobi yang ingin bertualangan dengan MTB-nya. Trek Cross Country atau drop (patahan) bisa dilalui sepeda ini dengan baik dan jauh lebih nyaman ketimbang menggunakan MTB hardtail (suspensi tunggal).

Untuk diketahui pula, Siskiu D6 tersedia dalam beberapa ukuran frame (S/M/L). Dengan demikian konsumen yang ingin mengoleksi sepeda seharga Rp 9,5 juta ini dapat memilih ukuran yang sesuai dengan postur tubuh masing-masing.

 

Baca juga:
Intip Perkembangan Industri Sepeda Global, Polygon Eksis di Sea Otter Classic

 

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Polygon Xtrada 6

Polygon Xtrada 6

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

TEST BIKE
Thrill Vanquish Elite

Thrill Vanquish Elite

TEST BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company