Rossi Punya Kenangan Manis di Sirkuit Jerez

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Dedi Hermawan | 4 May 2017

SPORTKU.COM

Setelah balapan penuh aksi di Sirkuit Austin, para pebalap MotoGP akan kembali dihadapkan dengan tugas beratnya di Sirkuit Jerez.

Valentino Rossi hadir dengan penuh semangat di trek sepanjang 4,4 kilometer tersebut. Datang sebagai pemimpin klasemen sementara menambah rasa optimisme Rossi. Enam poin di atas rekan setimnya Maverick Vinales yang berada di tempat kedua. Segala upaya akan dilakukan oleh Rossi untuk memperpanjang keunggulannya pada akhir pekan ini.

Rossi memiliki banyak kenangan manis di Sirkuit Jerez. Tahun lalu, Rossi tak terbendung di sirkuit yang menuntut skil tinggi itu untuk menuangkan sampanye dari podium teratas untuk kesembilan kalinya. Dia meraih rekor mengesankan di sana, dengan 7 kemenangan di kelas utama. Kemenangan tersebut dia capai di tahun 2001, 2002, 2003, 2005, 2007, 2009 dan 2016.

Dominasi pebalap Italia tersebut memang tak terbantahkan di Sirkuit Jerez. Selain 7 kali kemenangannya di kelas premier, The Doctor juga mengantongi dua kemenangan tambahan di Kelas 125cc pada tahun 1997 dan di Kelas 250cc yang ditorehkan pada 1999.

"Saya tidak pernah mengharapkan untuk datang ke Jerez sebagai pemimpin klasemen. Saya sangat senang karena kami berhasil menyelesaikan beberapa masalah yang kami hadapi selama tes musim dingin dan kami melakukan balapan yang benar-benar bagus. Kami akan tetap melakukan perbaikan pada sepeda motor, itu pasti," ungkap Rossi.

"Akhir pekan di Jerez ini akan sangat penting. Ini adalah balapan pertama di Eropa dan di sirkuit ini saya menikmati (balapan). Kami telah banyak melakukan perbaikan di Austin sejak latihan bebas pertama dan sekarang penting untuk dikembangkan lagi di Jerez. Kami mengerti apa yang harus dilakukan terhadap motor ini dan saya yakin bisa menemukan apa yang kami cari," ucap Rossi.

Pada tiga balapan pembuka MotoGP 2017, Rossi memang belum pernah menangi balapan. Namun konsistensinya untuk selalu finish di podium membuat dirinya tersenyum manis. Di balapan pembuka Qatar, Rossi merasa puas dengan finish di podium tiga. Sementara balapan di Argentina dan Amerika masing-masing finish kedua.

Keberuntungan Rossi bisa menjadi pemimpin klasemen sementara tak lepas dari kesialan yang dialami Vinales. Berhasil menangi dua balapan di Qatar dan Argentina, namun pebalap Spanyol itu gagal finish di Amerika karena terjatuh. Akibatnya Vinales melorot ke posisi dua di klasemen.

Sementara itu, Sirkuit Jerez yang berlokasi di Spanyol selatan dibangun pada 1986. Setahun kemudian menjadi tuan rumah GP untuk pertama kalinya. Dan sejak saat itu tetap berada di kalender MotoGP. Sirkuit yang mampu menampung 250 ribu penonton ini memiliki 13 tikungan, 8 diantaranya tikungan ke kanan. Dengan lebar sirkuit 11meter dan memiliki trek lurus terpanjang 607meter.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Rekor Wheelie Terpanjang Dunia 500KM

Rekor Wheelie Terpanjang Dunia 500KM

ROAD RACE
Triumph Geser Honda di Moto2

Triumph Geser Honda di Moto2

MOTO2
Rossi Tak Suka MotoGP Thailand

Rossi Tak Suka MotoGP Thailand

MOTOGP
Zarco Perpanjang Kontrak dengan Tech3

Zarco Perpanjang Kontrak dengan Tech3

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company