Uji Ketangguhan Suzuki GSX-S150 Jakarta-Purwokerto

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 4 May 2017

SPORTKU.COM

Untuk membuktikan performa jagoan barunya, Suzuki mengajak awak media nasional untuk kencan dengan Suzuki GSX-S150. Seperti apa ketangguhannya?

Menempuh jarak kurang lebih 245,7 km dari Jakarta menuju Purwokerto, memang layak menjadi medan untuk menguji ketangguhan Suzuki GSX-S150. Pasalnya, dengan rentang jarak tersebut, tidak hanya medan aspal saja yang kami lalui, melainkan juga jalan bebatuan serta beton turut kami libas. Namun seperti titahnya yang lahir sebagai motor touring, Suzuki GSX-S150 tidak gentar dengan medan tersebut.

Dalam touring di etape pertama, saya berkesempatan untuk mengenal lebih dalam karakter motor berdesain telanjang ini. Menggendong mesin 150 cc, torsi yang dihasilkan memang sangat berlimpah. Terlebih ketika di putaran tengah, hentakan demi hentakan saya rasakan langsung.

Kuda besi yang dibanderol dengan harga Rp23 jutaan ini patut diacungi jempol dalam hal akselerasi. Memang mesin yang digendong sama seperti saudara kandungnya, Suzuki Satria FU 150, tapi kinerja yang dihasilkan oleh GSX-S ini, saya rasa lebih berani.

Di awal perjalanan, kelompok etape pertama mengambil jalur puncak, Jawa Barat. Karakter medan yang menanjak, menurun dan berkelok, tetap asyik untuk menggeber Suzuki GSX-S ini. Dorongan tenaga yang diproduksi di ruang mesin terus menghasilkan power yang mumpuni saat dibutuhkan untuk menanjak. Tapi saat jalan menurun, deselerasi motor ini juga tidak perlu diragukan. Begitu melakukan engine break di rpm ideal, suara mesin tidak langsung meraung keras, tapi tetap lembut dan terdengar halus.

Tidak seperti saudara kembarnya, Suzuki GSX-R150, model naked yang menjadi tunggangan saya ini memiliki spesifikasi setang yang lebih tinggi, sehingga dengan begitu posisi riding untuk touring terasa lebih ideal dibandingkan model R.

Hanya saja, untuk touring jarak jauh seperti ini, busa jok masih terasa tipis, sehingga membuat bokong terasa panas dan kurang ergonomis. Kendati demikian, saya tetap bisa menikmati riding dengan merubah posisi duduk agak ke belakang sehingga mentok di jok penumpang.

Bicara perihal suspensi, bagian ini menjadi kunci utama dalam hal handling. Settingan suspensi belakang yang diberikan dari pabrikan tetap mumpuni untuk melibas segala medan, meskipun masih terlalu keras bagi saya yang memiliki berat badan sekitar 60kg. Sedangkan untuk suspensi depan, saya merasa sudah lebih baik.

Ketika memasuki jalur perkotaan di wilayah Padalarang dan Bandung, jalan macet tidak menjadi halangan, hal ini karena didukung desain telanjangnya, saya tetap bisa bisa menyalip dengan leluasa. Tentu ini adalah nilai plus karena tidak ada fairing yang membebani motor ini.

Tampilan interaktif yang disuguhkan pada MID terasa mewah, tentunya karena ditopang dengan full digital instrument. Mulai dari kecepatan, fuel capacity, hingga gear position, tetap memanjakan mata ketika riding bersama GSX-S.

Salah satu yang paling ketara perbedaan dari motor ini dengan tipe R selain penanggalan fairing ialah, tersedianya kick starter, sehingga bagi Anda yang memiliki tradisi menghidupkan motor di pagi hari dengan piranti ini bisa terbantukan. Namun sayang, di bagian buritan, Suzuki tidak menyediakan behel motor untuk kemudahan melakukan standar diri, dengan begitu menurut saya kurang praktis.

Sebagai test rider, saya juga mengkritisi beberapa aspek, mungkin tidak terlalu vital, namun tetap mengusik pikiran saya. Anda tidak bisa berharap di motor ini tersedia fitur keyless seperti pada tipe R, karena pada tipe S, Suzuki tidak membekalinya dengan fitur tersebut. Mungkin ini masalah selera, namun menurut saya tetap saja ada yang kurang.

Tapi overall, bagi Anda yang pecinta touring atau senang berpetualang dengan motor, Suzuki GSX-S ini bisa menjadi sahabat baru Anda. Berbekal beragam keunggulan, motor ini layak masuk dalam garasi Anda.

  • facebook share

RELATED NEWS

Royal Enfield Classic 500

Royal Enfield Classic 500

TEST RIDE
Highlights Continental GT

Highlights Continental GT

TEST RIDE
Royal Enfield Continental GT

Royal Enfield Continental GT

TEST RIDE
Aksi Versys-X 250

Aksi Versys-X 250

TEST RIDE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company