Meski Tergelincir, Fadil Tetap Bertahan Hingga Finish

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | 6 May 2017

SPORTKU.COM

Pebalap Jakarta Ban Motorsport, Ahmad Fadillah Alam, gagal memetik podium pertama di seri kedua. Apa yang menjadi kendala Fadil?

Nama pebalap Ahmad Fadillah Alam tidak masuk dalam tiga besar pebalap yang mencapai finish pertama. Saat dikonfirmasi, pebalap yang menggeber BMW E36 ini menceritakan perihal apa yang menyebabkan dirinya tampil kurang maksimal. Menurutnya, salah satu penyebabnya adalah penggantian komponen gardan baru pada mobilnya.

Memang komponen gardan yang digunakan Fadil dalam seri kedua ini merupakan part baru yang Ia gunakan. Sebab saat sesi latihan di seri pertama lalu, mobilnya mengalami kebocoran oli di bagian tersebut. Rupanya, pergantian komponen tersebut malah membuat mobil Fadil jadi kurang responsif.

"Jadi mengenai insiden kemarin di seri dua (tergelincir), mobil saya ini kan mengalami pergantian spek, pertama dari sisi penggunaan dogbox saya ganti dengan menggunakan yang biasa dan saya juga melakukan penggantian gardan. Ternyata setelah melakukan upgrade tersebut, mobil jadi semakin liar di bagian belakangnya," beber Fadil.

Padahal, menurut pebalap dengan nomor mobil 89 ini saat latihan dan kualifikasi mobil bisa memberikan performa yang baik. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Fadil mencapai pole position. Saat latihan dan kualifikasi lintasan memang sedikit basah, berbeda dengan saat balapan berlangsung.

Namun sayang, kondisi justru berbanding terbalik saat Fadil menjalani balapan. Karena menganggap mobilnya prima di lintasan basah, maka Ia memacu mobilnya dengan penuh di lintasan kering. Apa yang terjadi? Fadil pun tidak bisa mengimbangi laju mobilnya yang begitu liar di bagian belakang.

"Tapi enggak tau kenapa, pas mencoba di lintasan kering mobil jadi liar di bagian bokongnya. Nah pas race day, untung saya mendapat pole position, sehingga saya berpikir untuk tidak terlalu memacu keras mobil saya. Tapi sama saja, dan memang mobil seperti kehilangan grip," tambah Fadil.

"Memasuki lap kedua, saya di posisi kedua di belakang Benny, saat itu saya enggak mau menyalip Benny, tapi memang racing line saya sudah agak keluar dan remnya juga bermasalah. Jadi ketika masuk tikungan mobil langsung melintir dan menyentuh gravel," imbuhnya. Dengan kondisi mobil yang sudah masuk gravel, pebalap yang saat ini tinggal di Amerika sempat ingin menyerah dan menyudahi balapan.

Mengingat perjuangannya, Fadil pun kembali bangkit untuk terus melanjutkan balapan. Dengan mobil yang kurang prima, Fadil, tetap berhasil menyentuh garis finish dengan menempati posisi keempat.

Fadil tergelincir  di lap kedua ETCC 3000issom-seri-2-by-40215f0d0b070be.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Tidak Ada Tempat untuk Lauda

Tidak Ada Tempat untuk Lauda

FORMULA 1
Regulasi Penggunaan Carbon Roof ETCC

Regulasi Penggunaan Carbon Roof ETCC

ETCC
Muller Tercepat Rookie Test Marrakesh

Muller Tercepat Rookie Test Marrakesh

FORMULA E
Pegokart Indonesia Jawara

Pegokart Indonesia Jawara

GOKART

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company