Pertamina Arden Jalani Balapan Sulit di Barcelona

Text : Dedi Hermawan | Photo / Video : Fiaformula2.com | 14 May 2017

Pertamina Arden Jalani Balapan Sulit

SPORTKU.COM

Tim Pertamina Arden gagal membuahkan hasil pada feature race ajang F2 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (13/5).

Performa dua pebalap mereka Norman Nato dan Sean Gelael terhadang ketidakberuntungan. Keluarnya safety car pada lap 10 membuat peluang mereka meraih poin menjadi berantakan. 

Selepas lap ke delapan, Sean yang start dari P17 sudah masuk ke posisi sepuluh besar. Sean bahkan mampu melawati Nato yang start dari P7. Ketika itu, beberapa pebalap terdepan masuk pit stop, sehingga posisi Sean dan Nato terus tedongkrak ke posisi enam dan tujuh.

Pada lap ke-10, mobil Sergio Canamasas bermasalah dan terhenti di tengah lintasan. Akibatnya, safety car masuk ke lintasan. Inilah yang membuat peluang kedua pebalap Pertamina Arden terganggu.  Masuknya mobil pengaman merugikan pebalap barisan depan, terutama yang belum melakukan pitstop termasuk Sean dan Nato. Sebaliknya, kondisi itu menguntungkan pebalap-pebalap yang sudah masuk pit stop karena jarak mereka dengan pebalap terdepan menjadi lebih dekat.

Dengan kondisi ban yang sudah mulai terdegradasi, Sean dan Nato tak mampu lagi mempertahankan posisi mereka di sepuluh besar. Posisi mereka pun kian tertinggal setelah masuk pit stop untuk pergantian ban.

Pada balapan putaran kedua ini, Tim Pertamina Arden memakai strategi ban hard (prime) dan soft (option). Sejak awal kedua pebalap disetting untuk masuk pit stop pada lap 26 dan 27. Skenario ini agak berantakan dengan keluarnya mobil pengaman. Selain itu, degradasi ban juga terjadi cukup cepat.

Selain itu Head Engineering Tim Pertamina Arden, Gaetan Jego juga menyebut performa mobil tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan. Sean akhirnya harus puas finis di posisi ke-16, sedangkan Nato berada di urutan ke-17.

Posisi terdepan ditempati pebalap Prema Racing, Charles Leclerc. Ini menjadi kemenangan kedua Lecrec pada musim pertamanya di ajang F2. Sebelumnya, Lecrec tampil sebagai juara di balapan sprint di sirkuit Bahrain.

Posisi kedua ditempati pebalap Russian Times, Luca Ghiotto. Podium ketiga diambil pebalap tim DAMS, Oliver Rowland. Dengan hasil ini, Lecrec masih memimpin klasemen sementara pebalap dengan nilai 65. Rowland menyodok ke posisi kedua dengan nilai 35.

Sprint race atau balapan kedua pada ajang F2 GP Spanyol ini akan berlangsung pada hari Minggu (14/5), pukul 15.35 WIB. 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Reaksi Atas Penampilan Sean Gelael

Reaksi Atas Penampilan Sean Gelael

FORMULA 1
Seansation Dukung Langsung Sean Gelael

Seansation Dukung Langsung Sean Gelael

FORMULA 2
Sean Gelael Lampaui Duo Sauber

Sean Gelael Lampaui Duo Sauber

FORMULA 1
Langkah Pertama Sean di F1

Langkah Pertama Sean di F1

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company