Ali Adrian Kemas Poin Perdana di WSSP 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Pertamina Almeria Racing Team | 16 May 2017

Adrian Pecah Telor di Imola

SPORTKU.COM

Seri 3 World Supersport (WSSP) 300 menjadi momen paling spesial bagi pebalap Indonesi, Ali Adrian Rusmitro.

Dalam laga yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada Minggu (14/5) kemarin itu, kerja keras Adrian bersama timnya akhirnya membuahkan hasil manis. Adrian, pebalap andalan Pertamina Almeria Racing Team berhasil finish di posisi ke-14 dari 37 pebalap.

Adrian finish perdana di ajang bergengsi WSSP 300 setelah dua seri sebelumnya selalu mengalami masalah dan gagal memberikan hasil manis untuk para penggemarnya. Alhasil, raihan pebalap asal DKI Jakarta ini sekaligus memberikan sumbangan 2 poin untuk Adrian.

Memulai dari sesi latihan bebas pertama, catatan waktu terbaik Adrian adalah 2menit 16detik. Dengan melakukan beberapa set up pada sistem elektronik motor, Adrian dapat tampil lebih kompetitif di sesi latihan bebas kedua. Catatan waktunya membaik hingga kurang lebih 2detik dengan waktu terbaiknya menjadi 2menit 13,919detik.

Adrian dan tim semakin optimis. Kemudian melakukan improvisasi dengan mengubah mapping ECU (Electronic Control Unit). Namun saat melakukan sesi kualifikasi, Adrian justru bermasalah dengan motornya ketika berada di tikungan dan saat ia membuka gasnya secara perlahan limit motornya menurun.

Hal itu membuat perolehan waktu terbaiknya menjadi hanya 2menit 14,799detik dan terpaksa harus start dari posisi ke-26. Butuh strategi jitu untuk bisa tampil lebih kompetitif saat balapan. Memulai balapan dari grid 26, Adrian berhasil melakukannya dengan baik dan langsung merangsek ke gerombolan depan.

"Pada balapan kali ini yang diperlukan hanyalah confidence serta fokus, yang tahu kondisi di lintasan hanya Adrian. Strategi kami dari awal hanyalah melaju secepat mungkin sejak start, dan melakukan attack pada pebalap yang ada di depan," ungkap Adrian.

Tikungan pertama dapat dilaluinya dengan baik dan berhasil menduduki urutan ke-22. Hanya membutuhkan satu lap Adrian berhasil berada di posisi 17, setelah sempat mendapat perlawanan dari Kimi Patova. Kemudian setelah memasuki lap ke-2, Adrian maju ke posisi 16.

Adrian mulai menguasai ritme balapnya. Saat memasuki 3 lap terakhir ia sempat berhasil menyusul pebalap asal Belanda, Scott Deroue. Selain itu Adrian juga mendapat tekanan dari pebalap lainnya, sehingga ia sempat bersenggolan dan merasakan sedikit slide pada ban depannya.

Namun konsistensi Adrian yang geber Yamaha YZF-R3 membuahkan hasil. Dia pun berhasil lepas dan menyusul pebalap lain yaitu Alex Murley dan dapat bertahan di posisi 14 hingga bendera finish dikibarkan.

“Dari awal start saya sempat melihat ada 2 sampai 3 rider yang terjatuh, fokus saya hanya bisa menyusul pebalap yang berada di depan saya saat itu. Pokoknya ada pebalap di depan harus saya susul. Pada akhirnya saya mendapatkan lap time yang bagus dan bisa terus melaju, Alhamdulillah sudah dapat confidence-nya, ritme dengan motor juga semakin baik. Insya Allah race berikutnya juga bisa lebih baik lagi," imbuh Adrian.

Berbekal 2 poin, kini Adrian menduduki posisi 23 klasemen sementara.

Baca Juga
Kerja Keras Ali Adrian Hadapi WSSP Imola 2017
Suka Duka Ali Adrian Hingga Tidur di Sirkuit

  • facebook share

RELATED NEWS

Dinamika Aksi Fitriansyah Kete

Dinamika Aksi Fitriansyah Kete

MOTOPRIX
Tim Balap DAM Juara Nasional

Tim Balap DAM Juara Nasional

MOTOPRIX
Yamaha Juara Umum Kejurnas Motoprix

Yamaha Juara Umum Kejurnas Motoprix

MOTOPRIX
Rafid Topan Gantung Helm?

Rafid Topan Gantung Helm?

MOTOPRIX

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company