Ungkapan Rossi Saat Berpisah dengan Muridnya di The Master Camp 3

Text : Suhartono | Photo / Video : YRI | Editor: Andi Wahyudi | 17 May 2017

Kesedihan Rossi Ditinggal Muridnya

SPORTKU.COM

Pendalaman ilmu balap bagi Anggi Setiawan di Italia dalam program Yamaha VR46 Riders Academy 'The Master Camp 3' berakhir sudah.

Tanggal 15 Mei lalu menjadi hari terakhir Anggi dan kelima pebalap lainnya mengikuti sekolah balap di Yamaha VR46 Riders Academy milik pebalap MotoGP Valentino Rossi. Berbagai pengalaman menarik menjadi pengalaman hidup tak terlupakan bagi Anggi, pebalap muda asal Palu, Sulawesi Tengah.

Hari terakhir keikutsertaan Anggi di Yamaha VR46 Riders Academy diawali dengan latihan flat-track. Tentu saja di trek miliknya Rossi, VR46 Motor Ranch di Tavullia, Italia. Pada sesi terakhir ini para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan 4 tahap. Jadi betul-betul fokus mengasah dan meningkatkan teknik balap.

Pertama, para pebalap menjalani sesi latihan bebas selama 30menit dengan motor Yamaha YZ250F. Selanjutnya dilakukan balapan sebagai Race 1. Saat Race 1 berlangsung, Anggi finish di posisi runner-up. Setelah itu para pebalap kembali melakukan balapan sebagai Race 2. Dan kali ini Anggi finish terdepan. Sehingga kemas total 10 poin.

Sesi keempat balapan dilakukan di trek oval, disebut dengan sistem Americana, yaitu race sebanyak 7 lap yang notabene dibagi menjadi 3 tahapan dengan sistem eliminasi. Bagian pertama tersaji 2 lap dan bagi yang finish ke-5 dan ke-6 tereliminasi atau gugur. Bagian kedua, juga dengan menu 2 lap dan posisi ke-3 dan ke-4 yang tereliminasi.

Penampilan Anggi, pebalap berusia 18 tahun menjadi yang terbaik dengan total nilai 16 poin. Rider binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) ini merebut podium juara flat-track di VR46 Motor Ranch. Anggi menang atas Tomas Casas, pebalap 18 tahun asal Kanada di tempat kedua, dan Brandon Demmery pebalap dari Australia berusia 19 tahun.

Setelah melakukan balapan flat-track, para pebalap melanjutkan kegiatannya dengan berkunjung ke kantor VR46 Fan Club dan workshop tim SKY Racing Team VR46 yang juga dimiliki Rossi. Berlanjut di sesi akhir, keenam peserta Yamaha VR46 Riders Academy Master Camp 3 menerima sertifikat.

"Hari terakhir mungkin adalah hari terbaik bagi saya, karena saya menang. Pada hari pertama saya tidak dapat mencapai hasil ini sehingga menunjukkan betapa membantunya tips dari instruktur Master Camp," ujar Anggi yang tahun ini konsen di balap Asia Road Race Championship (ARRC) Kelas Underbone 150cc (UB150).

"Hari terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha dan VR46 atas kesempatan luar biasa, yang mungkin merupakan kesempatan terbaik bagi saya untuk menunjukkan keahlian saya. Semoga pengalaman ini memungkinkan saya melakukan langkah lain menuju karir profesional, untuk mencapai tingkat Kejuaraan Dunia di masa depan," imbuh Anggi.

"Kami telah sampai di sesi akhir Yamaha VR46 Master Camp. Minggu ini adalah kesempatan bagi peserta Master Camp untuk belajar banyak hal baru di dalam dan di luar lintasan. Ini adalah jadwal yang sangat sibuk, terutama yang pertama. Setengah minggu dan waktu berlalu dengan sangat cepat saat Anda berada di tempat seperti Sirkuit Motor Ranch, Misano dan Misanino dan gym," papar Rossi.

"Senang bertemu dengan mereka di sirkuit dan mendengarkan pertanyaan mereka. Pada hari keempat, mereka bertemu saya dan melihat pebalap VR46 Academy di turun ke trek, dengan Marco Belli memberi mereka beberapa saran. Orang-orang sangat tertarik untuk mempelajari cara baru untuk memperbaiki perjalanan mereka dan saya telah mendengar hal yang sama dari instruktur Master Camp."

"Semua siswa membuat langkah maju minggu ini dan sepertinya menyenangkan, yang juga merupakan faktor penting untuk balapan. Selalu menyedihkan saat Master Camp selesai, tapi saya pikir orang-orang telah belajar dan mengalami banyak hal dan sekarang mereka dapat mencoba keterampilan baru mereka. Di rumah, dan saya melihat ke depan untuk Master Camp berikutnya di bulan Juli," sambung Rossi dikutip dari situs MotoGP.

"Menurut saya, The Master Camp 3 menjadi bukti dari talenta Anggi Setiawan yang cepat dalam beradaptasi dan terbukti pula dapat merebut podium terbaik di Motor Ranch dan race MiniGP di Misanino merenggut posisi ke-2. Tentu saja, ilmu yang telah diperolehnya akan menjadi modal untuk terus meningkatkan prestasi," tutup M Abidin, GM After Sales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sementara itu, selain Anggi, Yamaha VR46 Riders Academy 'The Master Camp 3' juga diikuti oleh Peerapong Boonlert (Thailand), Shota Ite (Jepang), Muhammad Akid bin Aziz (Malaysia), Brandon Demmery (Australia) dan Tomas Casas (Kanada).

Baca Juga
Momen Spesial Anggi Ketemu Rossi di Italia
Langkah Michelin Jelang MotoGP Prancis

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap MotoGP 2017 Paling Sial

Pebalap MotoGP 2017 Paling Sial

MOTOGP
Yamaha Siapkan Pengganti Rossi

Yamaha Siapkan Pengganti Rossi

MOTOGP
Event Balap Kembali ke Soreang

Event Balap Kembali ke Soreang

ROAD RACE
Dinamika Aksi Fitriansyah Kete

Dinamika Aksi Fitriansyah Kete

MOTOPRIX

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company