Rossi Ingin Yamaha Bikin Motor Lebih Kompetitif

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 18 May 2017

SPORTKU.COM

Valentino Rossi terlihat lebih siap menghadapi balapan di Sirkuit Le Mans, Perancis pada akhir pekan ini. Rossi pun menuntut Yamaha.

Setelah tampil buruk di Jerez dengan hanya finish ke-10 membuat Rossi kini memang harus lebih siap menghadapi putaran berikutnya di Le Mans. Meski kini dirinya masih berada di posisi teratas dengan 60 poin, namun Rossi hanya terpaut 2 poin dari rekan setimnya Maverick Vinales.

Tentunya Rossi ingin membuat penampilannya di Le Mans jauh lebih baik di Jerez. Rossi mengaku hal itu bukan tidak mungkin bisa dia lakukan. Apalagi setelah dirinya menemukan beberapa catatan positif usai jalani sesi uji coba di Jerez pada pekan lalu.

Balapan di Sirkuit Le Mans memang bukan hal mudah. Trek sepanjang 4,2 kilometer tersebut memilki karakter stop & go yang bisa menambah kesulitan tersendiri untuk para pebalap. Sirkuit ini juga menjadi lokasi kecelakaan serius bagi pebalap Spanyol Alberto Puig pada tahun 1995.

Sementara itu, di Sirkuit Lem Mans, Rossi memiliki beberapa catatan manis. Pebalap Movistar Yamaha ini pernah mengklaim tiga kemenangan kelas utama di Le Mans (2002, 2005 dan 2008), enam kali finish kedua (2003, 2010, 2012, 2014, 2015 dan 2016) dan tiga kali tempai podium ketiga (2000, 2001 dan 2011).

Rossi kini juga tercatat menjadi pebalap pertama yang berhasil memimpin klasemen sementara tanpa kemenangan di empat balapan sebelumnya sejak era Nicky Hayden di tahun 2006 silam. Tentu target utama Rossi adalah bisa memperpanjang dominiasnya di posisi teratas.

"Setelah mengalami kesulitan selama akhir pekan di Jerez, GP Le Mans akan sangat penting. Memang benar bahwa kita masih unggul di klasemen sementara dan ini bagus buat kita, tapi kita perlu memperbaiki motor agar benar-benar kompetitif," ungkap pebalap Italia.

"Tes di Jerez penting dan kami mencatat beberapa hal positif. Sekarang kita harus bekerja dengan baik dari sesi pertama di Le Mans dan kita harus bisa segera bersaing. Kami merasa positif dan kami ingin segera kembali ke motor. Saya juga berharap agar kondisi cuaca akan baik, kita perlu mengetes motor dalam kondisi kering," sambung Rossi.

Bukan hanya motor yang bisa menjadi acuan Rossi untuk bisa balapan dengan kompetitif. Namun hal yang menjadi sangat krusial juga mengenai pilihan ban. Di mana dalam hal ini Michelin telah menyiapkan beberapa tipe ban untuk para pebalap. Bahkan pabrikan asal Prancis ini juga telah menyiapkan ban depan asimetris dengan profil dan konstruksi baru untuk 2017.

Rossi juga dituntut untuk siap dalam menghadapi balapan dalam kondisi kering dan basah. Karena Le Mans dikenal sebagai tempat di mana cuaca memainkan peran besar dalam perlombaan. Menarik!

Baca Juga
Michelin Luncurkan Ban baru Untuk MotoGP Le Mans, Prancis
Suzuki Tunjuk Guintoli Gantikan Rins

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Yamaha Kuasai Kualifikasi Suzuka 8-Hours

Yamaha Kuasai Kualifikasi Suzuka 8-Hours

CIRCUIT
Dimas Tampil Apik di Kualifikasi

Dimas Tampil Apik di Kualifikasi

ROAD RACE
Doni Tata Balapan Suzuka 4-Hours

Doni Tata Balapan Suzuka 4-Hours

ROAD RACE
AHRT Turun di ATC Sepang

AHRT Turun di ATC Sepang

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company