Sirkuit Le Mans Gelar Grand Prix (GP) Sejak Tahun 1969

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 19 May 2017

SPORTKU.COM

Kota Prancis dan Sirkuit Le Mans memang identik dengan dunia olahraga balap motor maupun mobil selama bertahun-tahun.

Sirkuit Le Mans pun memiliki sejarah panjang sebagai tuan rumah Grand Prix (GP). Sirkuit sepanjang 4,2 kilometer itu mulai dilakukan pembangunan sekitar tahun 1965. Memiliki nama resmi Le Mans Bugatti Grand Prix Race Circuit, lokasinya berada di 5 kilometer selatan dari Kota Le Mans dan 200 kilometer barat daya dari Kota Paris.

Sirkuit Le Mans telah menjadi tuan rumah Grand Prix sejak akhir tahun enam puluhan atau tepatnya di tahun 1969. Saat itu masih bernama GP 500 dan dimenangkan oleh Giacomo Agistini. Menggeber MV Agusta, Agostini berhasil melakukan overlap terhadap semua pebalap.

Sebagai salah satu sirkuit yang sulit ditaklukkan, trek ini pun pernah menjadi lokasi kecelakaan para pebalap. Salah satunya kecelakaan serius pebalap Spanyol, Alberto Puig pada tahun 1995. Kecelakaan yang membuat kaki Puig patah pun mengakhiri karir balapnya di tahun tersebut. Namun pebalap kelahiran Barcelona, 16 Januari 1967 silam ini masih melanjutkan balapnya hingga 1997 sebelum akhirnya gantung helm.

Kecelakaan yang menimpa Puig membuat pihak terkait melakukan berbagai evaluasi. Hingga akhirnya Sirkuit Le Mans kembali dilakukan renovasi. Menunggu perbaikan usai, trek dengan 14 tikungan (5 ke kiri dan 9 ke kanan) ini pun lepas dari kalender GP hingga tahun 2000.

Meskipun tak ada Sirkuit Le Mans, namun tontonan Grand Pirx masih bisa dinikmati di Prancis. Ada tujuh sirkuit yang pernah jadi tuan rumah GP Perancis, yakni Paul Ricard, Clermont-Ferrand, Nogaro, Reims, Rouen, Albi, dan Magny-Cours.

Sejak kelas premier bernama MotoGP pada tahun 2002, Sirkuit Le Mans telah mencatatkan beberapa nama di podium teratas. Juara dunia 9 kali, Valentino Rossi tercatat menangi balapan Le Mans pada tahun 2002, 2005 dan 2008.

Selain Rossi, nama Sete Gibernau juga menghiasai podium teratas saat balapan digelar tahun 2003 dan 2004. Pebalap Marco Melandri yang kini membalap di World Superbike (WSBK) juga memiliki kemenangan di Le Mans pada tahun 2006.

Tahun 2007, pebalap Australia Chris Vermeulen menangi balapan dalam kondisi trek basah. Pebalap kedua Australia yang menangi balapan di Le Mans adalah Casey Stoner. Dirinya saat itu menangi balapan pada tahun 2001 saat masih bersama Repsol Honda.

Akan tetapi pebalap dengan kemenangan terbanyak di Le Mans pada Kelas MotoGP adalah Jorge Lorenzo. Pebalap Spanyol itu telah menorehkan kemenangan sebanyak 5 kali. Masing-masing di tahun 2009, 2010, 2012, 2015, dan tahun 2016. Sedangkan Dani Pedrosa dan Marc Marquez satu kali menang masing-masing di tahun 2013 dan 2014.

Di luar kelas utama, Prancis juga memiliki beberapa pebalap yang pernah menang di Sirkuit Le Mans, seperti Jean Aureal di Kelas 125cc pada tahun 1969, Guy Bertin di Kelas 125cc tahun 1979, Patrick Fernandez di Kelas 350cc tahun 1979, Mike di Megilo di Kelas 125cc di tahun 2008, dan Louis Rossi di Kelas Moto3 pada tahun 2012.

Kini selain menjadi tuan rumah MotoGP, Sirkuit Le Mans juga menjadi lokasi digelarnya 24 Hour Truck Race, FIA GP2 Championship, French Touring Car dan GT Races.

Baca juga
Tuntutan Rossi di Le Mans

  • facebook share

RELATED NEWS

Yamaha Akai Jaya Berjaya

Yamaha Akai Jaya Berjaya

MOTOPRIX
Hebat! Ali Adrian Masuk 3 Besar

Hebat! Ali Adrian Masuk 3

SUPERBIKE
Aragon, Masuk Sirkuit Terbaik Dunia

Aragon, Masuk Sirkuit Terbaik Dunia

MOTOGP
Uneg-uneg Smart Samarinda di Supermoto

Uneg-uneg Smart Samarinda di Supermoto

SUPERMOTO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company