5 Kecelakaan Fatal di MotoGP Prancis

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 20 May 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Le Mans, Prancis memiliki sejarah panjang sebagai tuan rumah berbagai kejuaraan balap motor maupun balap mobil.

Sejak akhir tahun 1960an atau tepatnya di tahun 1969, Sirkuit Le Mans untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah gelaran Grand Prix (GP). Sirkuit dengan nama resmi Le Mans Bugatti Grand Prix Race ini sendiri mulai dilakukan pembangunannya pada tahun 1965.

Dengan berbagai kelengkapan yang dimiliki, Sirkuit Le Mans pun masuk ke dalam kalender sebagai tuan rumah ajang balap dunia Grand Prix (GP). Setelah GP 500 berganti menjadi MotoGP pada tahun 2002, Sirkuit Le Mans pun masih tetap dipertahankan oleh Dorna sebagai salah satu destinasi para pebalap.

Namun meski begitu, sirkuit sepanjang 4,2 kilometer ini juga mencatat sejarah buruk. Beberapa kecelakaan terjadi selama ajang balap digelar di Sirkuit Le Mans. Saking parahnya, beberapa nama pun harus meregang nyawa di Sirkuit Le Mans yang lokasinya berada di 5 kilometer selatan dari Kota Le Mans dan 200 kilometer barat daya dari Kota Paris.

Berikut 5 kecelakaan yang terjadi di Sirkuit Le Mans versi SPORTKU.com

1. Iwao Ishikawa
French Motorcycle Grand Prix (GP) diadakan di Sirkuit Le Mans pada tanggal 3 April 1983. Itu merupakan putaran kedua musim balap motor di tahun 1983.

Balapan ini dikenang hingga kini karena adanya kecelakaan fatal yang terjadi di Kelas 500cc. Saat latihan bebas, pebalap Italia Loris Reggiani bertabrakan dengan pebalap Jepang Iwao Ishikawa. Ishikawa meninggal tak lama setelah mengalami luka parah.

2. Michel Frutschi
Kecelakaan di Sirkuit Le Mans juga dialami oleh juara bertahan Michel Frutschi. Parahnya, kecelakaan ini juga terjadi dalam kejuaraan yang sama di mana Iwao Ishikawa juga sebelumnya alami kecelakaan hingga meninggal dunia.

Sementara itu, Frutschi, pebalap kelahiran Swiss, 6 Januari 1953 itu mengalami kecelakaan berat. Sempat mendapat pertolongan medis dan dibawa ke rumah sakit, namun kemudian pebalap Kelas 500cc itu meninggal di hari yang sama.

3. Alfred Heck
Tanggal 21 Juli 1988 juga menjadi catatan kelam di Sirkuit Le Mans. Pebalap asal Jerman, Alfred Heck meninggal setelah mengalami kecelakaan fatal di sesi latihan bebas. Alfred Heck merupakan partner Andreas Racke saat ajang ini masih melombakan kelas sespan.

4. Alberto Puig
Pebalap Spanyol Alberto Puig juga mengalami kecelakaan di Sirkuit Le Mans pada tahun 1995. Kecelakaan yang membuat kaki Puig patah pun mengakhiri karir balapnya di tahun tersebut. Namun pebalap kelahiran Barcelona, 16 Januari 1967 silam ini masih melanjutkan balapnya hingga 1997 sebelum akhirnya gantung helm.

5. Andrea Iannone
Di era modern setelah GP 500 digantikan dengan MotoGP, Sirkuit Le Mans pun masih tetap menjadi trek yang sulit bagi para pebalap. Pada tahun lalu, Andrea Iannone mengalami kecelakaan saat dirinya masih membalap untuk Ducati.

Iannone hanya menuntaskan balapan hingga 11 lap dari 28 lap yang harus dia rampungkan. Iannone mengaku kecelakaan tersebut aneh dan dirinya sulit menungkap penyebab kecelakaannya. Saat jatuh, Iannone berada di posisi kedua di belakang Jorge Lorenzo yang akhirnya menangi balapan.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Lima Keuntungan Neymar ke PSG

Lima Keuntungan Neymar ke PSG

TOP 5
5 Kandidat Juara MotoGP 2017

5 Kandidat Juara MotoGP 2017

TOP 5
5 Alasan Terkait Kepindahan Bonucci

5 Alasan Terkait Kepindahan Bonucci

TOP 5
5 Fakta Ajang Pramusim ICC

5 Fakta Ajang Pramusim ICC

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company