Nicky Hayden, Si Pebalap Murah Senyum

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 23 May 2017

SPORTKU.COM

Hayden, pebalap Amerika yang lahir 30 Juli 1981 tersebut kini tinggal kenangan. Hayden meninggal dunia Senin malam, (22/5) di Italia.

Nicky Hayden dibesarkan dalam keluarga balap di Kota Kentucky, tempat yang sama dengan rumah bagi tujuh pebalap Nascar dan aktor Johnny Depp, Hayden dan saudara-saudaranya hampir setiap hari menghabiskan waktu hingga empat jam untuk balapan di sirkuit rumah mereka sendiri sejak usia 4 tahun.

Karier balapnya terus memuncak hingga akhirnya Hayden berhasil menangi gelar juara MotoGP 2006 dari musuh terberatnya Valentino Rossi.

Tapi kini Hayden telah meninggal dunia pada usia 35 tahun, lima hari setelah bertabrakan dengan mobil sedan Peugeot saat bersepeda di Italia. Meski sejauh ini tidak pernah lagi menorehkan juara dunia, namun tetap menjadi salah satu pebalap paling populer.

"Ketika saya masih kecil, saya tidak pernah ingin menjadi pemadam kebakaran atau lainnya, hanya juara dunia. Gagasan untuk tumbuh menjadi juara dunia, rasanya begitu jauh, tapi mimpi besar dan mimpi menjadi kenyataan," ungkap Hayden seperti dikutip BBC.

Hayden bersama dengan saudara laki-lakinya Tommy dan Roger, menjadi profesional setelah bertahun-tahun menjalani home schooling di jalur di 'Earl's Lane', nama untuk rumah mereka di Owensboro, terletak di sungai Ohio.

Bukan kebetulan bahwa ketiganya menjadi pebalap pro. Sang ayah Earl adalah pebalap jalur tanah selama lebih dari 20 tahun dan ibu Hayden Rose dan saudari Jenny dan Kathleen juga berkompetisi di dunia balap.

"Saya dibesarkan di dunia balap, sepeda motor lebih dari sekadar pekerjaan untuk kami, ini adalah cara hidup," Hayden mengatakan kepada BBC pada tahun 2013.

"Ketika saya memenangkan gelar, saya pergi ke kotak pit saya sebelum upacara pemberian penghargaan, dan ada spanduk bertuliskan, 'Nicky Hayden, Juara Dunia'."

Semasa hidupnya, keluarga tetap menjadi yang utama bagi Hayden. meski sibuk dengan jadwal balapnya, namun dirinya sering melakukan perjalanan jauh dari Eropa ke Kentucky selama sepanjang musim untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Orang paling baik di paddock
Dengan dentingan khas dan senyuman lebar, Hayden dikenal populer di seluruh dunia karena pesona ramah dan pandai beradaptasi dengan lingkungan baru. Mantan rekan satu tim Rossi menyebut Hayden aalah satu teman terbaiknya di balapan.

"Dia tidak pernah berubah, sejak pertama saya bertemu dengannya sebagai anak saat masih berusia 17 tahun ke kejuaraan dunia," kata mantan komentator BBC Steve Parrish.

"Dia sangat santai. Dia memiliki tahun yang menakjubkan ketika dia memenangkan kejuaraan. Saya tidak berpikir saya pernah melihat orang yang lebih gembira untuk memenangkan sebuah gelar."

"Ayahnya naik ke belakang sepedanya, mereka sama-sama menangis. Itulah tentang Nicky yang akan saya ingat. Itu adalah mimpi dia meraih gelar terhebat dalam balap motor."

"Saya tidak pernah mendengar ada yang mengatakan hal buruk tentang dia dalam dunia balap, yang tidak biasa, kebanyakan pebalap pada satu waktu atau lainnya memiliki masalah dengan pebalap lain. Ini adalah nama permainannya," sambungnya.

Hayden meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2015 untuk bergabung dengan Honda di World Superbike (WSBK), dan berlomba di Italia akhir pekan sebelum kecelakaan terjadi, (17/5).

Tahun lalu Hayden bertunangan dengan pacarnya, aktris Jackie Marin, yang berada bersamanya di rumah sakit, bersama dengan Rose dan Tommy.

Penghormatan penuh
Mantan pebalap MotoGP James Toseland mengatakan, "Tidak ada yang lebih baik dalam olahraga ini. Dia sangat menghormati saya. Dia selalu menjadi pebalap yang pertama di trek di setiap tes, dan yang terakhir daripadanya".

"Dia adalah seorang pria dengan begitu banyak dedikasi, semangat, dorongan dan motivasi dan begitu rendah hati dengan semua itu, bahkan setelah menjadi juara dunia. Ia tidak pernah mengubahnya sedikit pun."

"Nicky adalah bintang yang bersinar di antara tiga saudara laki-laki yang sukses, tapi jika Anda berada di sebuah bar dengan ketiganya, Anda tidak akan tahu itu. Mereka semua begitu dekat."

"Dia memiliki kepercayaan diri dan kepribadian yang ambisius. Prestasi terbesarnya bukanlah piala yang dimenangkannya, atau kejuaraan, itu adalah rasa hormat yang diperolehnya dari rekan-rekannya. Cara orang berbicara tentang Nicky Hayden berbicara banyak tentang tipe orangnya."

Baca Juga
Duka Jackie Marin, Tunangan Nicky Hayden
Mengenang Perjalanan Pebalap Nicky Hayden

  • facebook share

RELATED NEWS

Begini Kehidupan Mekanik MotoGP

Begini Kehidupan Mekanik MotoGP

MOTOGP
Pebalap AHRT Belum Beruntung

Pebalap AHRT Belum Beruntung

ROAD RACE
Kemenangan Ratukore di Tengah Polemik

Kemenangan Ratukore di Tengah Polemik

INDOSPEED
Hasil Final Drag Bike Pertamax

Hasil Final Drag Bike Pertamax

DRAG BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company