Bedah Karakter Sirkuit Jalan Raya BSD City

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Dedi Hermawan | 24 May 2017

Bedah Karakter Sirkuit Jalan BSD

SPORTKU.COM

Agustus mendatang, gelaran balap touring Indonesia akan berlangsung di BSD City, Tangerang. Untuk lebih mengenalnya, yuk intip karakter sirkuit tersebut!

Suguhan balap jalan raya memang selalu mengundang adrenalin yang lebih kuat ketimbang balapan di sirkuit sebenarnya. Seperti yang akan dilaksanakan oleh Ananda Mikola dan Ahmad Zaki Iskandar, mereka merealisasikan impian pebalap Indonesia untuk merasakan sensasi balapan di lintasan jalan raya.

Sirkuit BSD City ini secara lay out memang memiliki karakter high speed. Hal ini terpampang dalam desain yang dikeluarkan secara resmi oleh penyelenggara balapan. Jika dimulai dari garis start, sirkuit yang memiliki 12 tikungan ini mengikuti pola searah jarum jam atau clockwise.

Saat lampu start dipadamkan, pebalap akan langsung dihadapkan oleh tiga tikungan berbentuk chicane. Ini adalah rintangan pertama yang harus ditaklukan oleh pebalap. Selepas tikungan ketiga, pebalap harus memacu kendaraannya semaksimal mungkin. Pasalnya, di tikungan kelima pebalap harus melakukan u-turn atau tikungan hairpin. Meskipun di lay out tergambar u-turn sedikit kecil, namun berdasarkan informasi yang diberikan, nantinya batas tengah lintasan akan memiliki lebar 3 meter, sehingga tetap memungkinkan pebalap untuk melakukan overtaking di sektor tersebut.

Menariknya dari sirkuit ini adalah juga terdapat high speed cornering. Area di tikungan kelima mungkin akan menjadi tempat favorit pebalap untuk melakukan overtake. Selanjutnya, usai tikungan kelima, pebalap kembali disuguhkan dengan adanya chicane kedua ditikungan tujuh, delapan dan sembilan. Namun chicane kali ini lebih menekuk jika dibandingkan dengan chicane pertama.

Selain menuntut skill di tikungan, sirkuit BSD City ini 'memanjakan' pebalap. Karena setelah tikungan terakhir, ada trek lurus sekitar 800 meter dimana pebalap bisa menekan gas habis-habisan. Andai mobil balap touring memiliki sistem DRS, maka sektor terakhir sirkuit ini cocok untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sebagai pelengkap sebuah sirkuit, pihak PT Sinar Mas Land selaku pembuat sirkuit juga memfasilitasi sirkuit tersebut dengan area pit lane.

Konferensi pers BSD City Grand Prix 2017launching-sirkuit-balap-bsd-22324032b2cc936.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Anjasara Kalah dengan Peslalom Pemula

Anjasara Kalah dengan Peslalom Pemula

GYMKHANA
Galeri ISSOM Putaran Terakhir 2017

Galeri ISSOM Putaran Terakhir 2017

TOURING
Hasil Gymkhana Auto Show Bandung

Hasil Gymkhana Auto Show Bandung

GYMKHANA
Taipan Cina Borong Mobil F1

Taipan Cina Borong Mobil F1

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company