Aksi Keren Peselancar Angin Di Pegunungan Es

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Red Bull | 28 May 2017

Berselancar di Pegunungan Es

SPORTKU.COM

Bicara soal selancar angin pegunungan (mountain windsurfing) mungkin baru satu orang saja yang nekat menekuninya, dia adalah Levi Siver.

Levi Siver dikenal sebagai peselancar angin profesional yang sudah makan banyak asam garam. Berbagai ombak di hampir seluruh dunia telah ditungganginya. Namun masih ada yang mengusik adrenalin peselancar kelahiran Idaho, Amerika Serikat ini, yaitu berselancar di pegunungan. Ow...

"Gagasan untuk proyek ini berasal dari visi bahwa kita dapat mentransfer elemen selancar angin ke gunung dan menciptakan pengalaman menggembirakan yang sama yang dialami surfer di atas air. Saya selalu berusaha menemukan cara untuk menantang diri saya sendiri, namun proyek ini benar-benar memicu keingintahuan saya," ujar Levi

"Apa yang akan terjadi jika saya menggabungkan snowboarding dan windsurfing? Bagaimanapun, saya menikmati kedua olahraga ini untuk waktu yang sangat lama," jelas Siver soal rencana "anehnya" tersebut.

Sudah lima tahun sejak Levi mengemukakan gagasan itu, akhirnya tiba saatnya visi tersebut menjadi kenyataan. Butuh persiapan selama 8 bulan untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Mulai dari perencanaan, pembuatan papan selancar khusus, survey lokasi hingga pengambilan gambar untuk video yang Anda saksikan ini.

"Saya ingin menjadi orang pertama yang mencoba selancar angin alpine di papan bersirip. Dengan menggunakan snowboard sebenarnya akan optimal untuk performa, tapi saya sangat ingin menciptakan sensasi selancar angin yang unik dan untuk melakukan itu saya perlu membuat papan khusus. Papan ini merupakan gabungan antara papan selancar dan papan selancar angin," kata peselancar kelahiran 1980 ini.

"Papan ini memiliki rel dan sirip yang Anda butuhkan untuk berselancar dan tidak ada ikatan. Papan ini memiliki tali dan yang ditunggangi dengan sepatu bot surfing sehingga jika Anda jatuh akan mendapatkan perasaan yang sama seperti saat Anda berselancar angin. Tapi bedanya yang Anda lihat adalah di atas gunung, bukan lautan. Saya merasakan sensasi menggembirakan ini dan sulit digambarkan," papar Levi.

"Angin terkuat yang dapat saya tangkap sekitar 15kpj (9.3mph)," ungkap Levi. Levi beserta kru memang dihadapkan pada kondisi alam yang ekstrem. Selain kondisi lintasan yang curam, Levi harus mendaki sekitar dua jam untuk bisa mendapatkan spot meluncur yang baik, ditambah dengan suhu yang mencapai minus 13 derajat. Proses pengambilan gambar rata-rata 7 jam setiap hari selama hampir 20 hari. Lokasi yang digunakan untuk melampiaskan hasrat Levi adalah Pulau Rishiri di Hokkaido, Jepang.

Lokasi yang terletak di sebelah utara Jepang ini dinilai sangat ideal untuk mewakili semangat selancar angin dengan salju, karena pulau ini memiliki tipografi yang menggabungkan alam pegunungan dengan alam pantai serta salju yang berlimpah ruah.

"Pemandangannya benar-benar indah, tapi juga sangat berbahaya dan kondisinya berubah setiap hari. Disini, setiap hari adalah petualangan baru. Tapi di sisi lain, karena setiap perjalanan adalah tantangan baru, ada tantangan tambahan untuk menaklukkan ketakutan Anda sendiri, yang sangat membantu Anda tumbuh sebagai pribadi yang kuat," pungkas Levi.

Seperti apakah sensasinya? Simak video berikut ini:

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia di Festival Olahraga Ekstrem

Indonesia di Festival Olahraga Ekstrem

EXTREME SPORT
Aksi Gila Penunggang Ombak

Aksi Gila Penunggang Ombak

EXTREME SPORT
 Kejuaraan Selancar Internasional di Krui

Kejuaraan Selancar Internasional di Krui

EXTREME SPORT
Hydroplane, Boat Super Cepat

Hydroplane, Boat Super Cepat

EXTREME SPORT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company