Ali Adrian Finish ke-8 di WSSP Inggris 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Pertamina Almeria Racing Team | Editor: Andi Wahyudi | 29 May 2017

Adrian Raih Poin Di WSSP

SPORTKU.COM

Ali Adrian Rusmitro kembali menunjukkan talentanya sebagai pebalap muda potensial di ajang World Supersport (WSSP) 300.

Seri 4 WSSP 300 di Sirkuit Donington Park, Inggris kembali menjadi pembuktian terbaik bagi Adrian. Pebalap andalan Pertamina Almeria Racing Team tersebut kembali meraih poin. Adrian membawa pulang tambahan 8 poin setelah finish di posisi ke-8 dari 36 pebalap.

Penampilan apik Adrian sudah terlihat sejak sesi latihan bebas. Di babak latihan bebas pertama (FP1), Adrian sudah bisa mencatatkan waktunya 1menit 47.444detik dan menempati posisi ke-13. Belum puas dengan hasil tersebut, Adrian bersama para mekaniknya terus melakukan upgrade pada Yamaha R3.

Namun upaya yang dilakukan oleh Adrian dan tim mekanik justru tak membuahkan hasil membaik. Saat latihan bebas kedua catatan waktu Adrian justru menurun menjadi 1menit 48.406detik. Adrian pun harus rela melorot ke posisi 22.

Pebalap berusia 23 tahun tersebut tak patah semangat. Saat sesi kualifikasi, Adrian kembali menggunakan settingan motor seperti latihan bebas pertama. Alhasil, Adrian mampu menorehkan waktu terbaiknya 1menit 47.293detik dan berada di urutan ke 3 pada grup Superpole 1. Artinya, dia start di urutan ke-13 saat balapan berlangsung dan itu adalah posisi start terbaik selama Adrian berlaga di WSSP 300.

“Allhamdulillah, race hari ini berjalan sesuai dengan prediksi. Saya berhasil finish di 10 besar, yaitu pada posisi ke-8. Ini adalah hasil terbaik selama saya mengikuti World Supersport 300 dan ini semua adalah hasil kerja keras seluruh tim," ungkap Adrian.

Penampilan apik Adian juga berkat tangan dingin sang pelatih Maturana yang pernah menangangi Maverick Vinales sata balapan Moto3. “Saya dan tim mekanik telah bekerja keras membangun motor Adrian menjadi lebih baik,” singkat Maturana.

Saat balapan, selepas start Adrian langsung berusaha semaksimal mungkin untuk melesat ke barisan depan. Dari posisi grid 13, di tikungan pertama dia sudah berhasil maju ke posisi 11. Sempat beberapa kali ia mendapat tekanan dari pebalap asal Jerman, Alex Murley. Namun hal itu dapat diatasi dengan baik.

Setelah memasuki lap ke-5, Adrian semakin mendapatkan kecepatan dan ritme balapnya. Lap time Adrian pun semakin membaik, bahkan di lap ke-11 catatan waktunya lebih tajam dari hasil saat sesi kualifikasi, yaitu 1menit 46.358detik. Setelah melakukan fight race dengan pebalap dari tim Halcourier Racing, Daniel Valle, Adrian akhirnya finish ke-8.

“Sejak awal start saya berusaha untuk sesegera mungkin bergabung dengan grup pebalap di depan, saya berusaha untuk membiasakan diri bertarung dengan pebalap-pebalap yang biasa berada di depan. Hasilnya kecepatan saya juga semakin bertambah mengikuti kecepatan mereka, walaupun dalam sebuah perlombaan pasti ada gangguan dan tekanan dari pebalap lain, sehingga kadang-kadang harus tutup gas dan tidak selalu clean lap,” jelas Adrian.

Hasil ini menjadi modal penting bagi Adrian untuk menjalani balapan berikutnya. Sementara pada balapan sebelumnya di Imola, Adrian juga finish dengan kemasan poin. Di mana saat itu dirinya mengakhiri balapan di posisi ke-14 dengan 2 poin. Kini Adian naik dari urutan 23 ke posisi 18 klasemen sementara dengan 10 poin.

Baca Juga
Maturana, Mantan Pelatih Vinales Tangani Ali Adrian
Ali Adrian Main Sepeda Untuk Perkuat Fisik

  • facebook share

RELATED NEWS

Harlan Fadhillah Mengaku Kecolongan

Harlan Fadhillah Mengaku Kecolongan

INDOSPEED
Espargaro Ingin Ulangi Momen Baik

Espargaro Ingin Ulangi Momen Baik

MOTOGP
Rekor Rossi di Phillip Island

Rekor Rossi di Phillip Island

MOTOGP
Koleksi Foto Kejurnas IRS

Koleksi Foto Kejurnas IRS

INDOSPEED

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company