Mencoba Performa Square One EX di Habitatnya

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 29 May 2017

Uji Performa Square One EX

SPORTKU.COM

Setelah meluncurkan MTB Collosus seri N, tahun ini Polygon kembali meluncurkan MTB terbaru dengan desain unik, yakni Square One EX.

Square One EX memang MTB yang spesial. Selain peluncuran perdananya yang dilakukan di sebuah pameran sepeda ternama di AS, beberapa waktu lalu, MTB ini disebut-sebut memiliki keunikan lain bagi penggemar MTB.

test-bike-polygon-sq-28389bb529eb4c1.jpg

Square One EX, menurut Zendy Renan selaku Product Development Manager Polygon Bikes, hadir dengan konsep yang khas. MTB ini bahkan diklaim sebagai Real MTB (MTB yang sesungguhnya). Artinya, bila dibandingkan dengan MTB saat ini, maka Square One Ex, masuk dalam rentang genre yang lebih luas, antara XC/Trail hingga AM/Enduro.

Square One EX diklaim sebagai sepeda yang asyik untuk bertualang atau kalangan hobi, hingga untuk mereka yang aktif mengikuti race. Pasalnya, sebelum dipasarkan pun, Square One EX telah diuji coba di sejumlah race internasional berikut lintasan yang berat dan menantang.

Frame Square One EX mengusung bahan karbon yang membuat bobotnya lebih ringan serta desain unik pada frame, khususnya di area chainstays yang disebut elevated chain stays (chain stay yang ditinggikan) dengan sistem NAILD R3ACT- 2Play merupakan hasil kerjasama Polygon dengan NAILD.

test-bike-polygon-sq-20862c86ab74bdd.jpg

Untuk mendapatkan sensasi berkendara yang sesungguhnya, SPORTKU berkesempatan untuk mencoba Square One EX di Pamitra Bike Park, yang berada di Pasuruan, Jawa Timur.

Setelah mencoba secara langsung, di lintasan AM yang ada di bike park tersebut. Square One EX memiliki performa yang sangat mengesankan.
Tak hanya ringan - 14,12kg untuk seri 8 dan 13, 67kg untuk seri 9, berkat sistem suspensi baru yang diterapkannya Square One EX sangat lincah saat diajak melibas lintasan yang teknikal dan turunan serta sangat ringan saat diajak melintasi tanjakan.

Tanjakan, yang biasa sulit dilalui dengan sepeda dengan gear 9 atau 10 speed, bisa dilalui dengan mudah bersama Square One EX. Hal itu berkat group set 1x12 speed, dan digunakannya cog besar (50 T), yang dipadu dengan crank 32T.

Hal menarik lainnya adalah, saat berpacu di lintasan, Square One EX terasa lebih hening dibanding MTB sejenis lainnya. Suara benturan pada sepeda yang biasa terdengar saat sepeda melaju di atas lintasan, nyaris tak terdengar lagi.

Ditambah lagi, meski shock belakang diseting agak “keras”, namun sepeda ini malah terasa stabil dan jauh dari efek bobbing, yang biasa terasa pada MTB bersuspensi ganda atau bahkan MTB Trail lainnya.

Square One EX memang sebuah MTB yang inovatif dan memiliki performa yang mumpuni. Namun, hal itu harus dikompensasi dengan harganya yang tergolong tinggi, yakni Rp 102juta untuk seri 9 dan Rp 82juta untuk seri 8.

Namun demikian, bagi mereka yang ingin mendapatkan performa atau prestasi, MTB ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dikoleksi.

Baca juga
POLYGON PERKENALKAN SQUARE ONE EX KE TANAH AIR 
INI PERBEDAAN SQUARE ONE EX 9 DAN 8

  • facebook share

RELATED NEWS

Polygon Xtrada 6

Polygon Xtrada 6

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

TEST BIKE
Thrill Vanquish Elite

Thrill Vanquish Elite

TEST BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company