Menpora Ingin PON Digelar Dua Tahun Sekali

Text : Suhartono | Photo / Video : Koni DKI Jakarta | Editor: Andi Wahyudi | 31 May 2017

SPORTKU.COM

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menginginkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) digelar dua tahun sekali.

PON yang menjadi pesta olahraga nasional di Indonesia saat ini diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. Namun kini Menpora Imam Nahrawai mencetuskan niatnya untuk merencanakan PON bisa digelar setiap dua tahun sekali.

Rencana dan wacana Menpora Imam Nahrawi tersebut telah disikapi oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga. Untuk membahas hal ini, pihaknya menggelar Kajian Perubahan Penyelenggaraan PON Menjadi Dua Tahun di Hotel Amorossa, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/5) lalu.

Menpora Imam Nahrawi ketika membuka POR Perpamsi V di Bumi Gora, Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Mataram minggu lalu menyatakan Kemenpora bersama Komite Nasional Indonesia (KONI) sedang mempersiapkan regulasi baru tentang PON yang akan dilaksanakan dua tahun sekali di dua provinsi.

"Penyelenggaraan PON setiap dua tahun sekali dapat menjadi ajang persiapan atlet sebelum mengikuti Sea Games dan Olimpiade. Hal ini diharapkan mampu berkontribusi positif terhadap performa dan prestasi atlet nasional di ajang internasional," jelas Imam Nahrawi.

"Dari kajian ini menghasilkan ringkasan dan rekomendasi strategis terkait perubahan penyelenggaraan PON. Selama ini PON memang digelar empat tahunan di satu provinsi. Sehingga, PON sering dijadikan event untuk gengsi daerah dengan melakukan pembajakan atlet," sambung Muhamad Yunus, Kepala Bidang Prestasi Olahraga Nasional Kemenpora.

Salah satu alasan yang juga menjadi dasar ingin digelarnya PON setiap dua tahun sekali adalah untuk meghindari adanya praktik perpindahan atlet yang kerap terjadi menjelang digelarnya PON.

"Seharusnya PON menjadi ajang pembibitan dan pencarian atlet untuk jenjang prestasi yang lebih tinggi. Itu sebabnya, kita ingin menjadikan PON digelar dua tahun sekali," pungkas Muhamad Yunus dikutip dari sirut resmi Kemenpora.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Paralayang Indonesia Berjaya Di Kanada

Paralayang Indonesia Berjaya Di Kanada

ACTUAL
IRC Rambah Olahraga Lari

IRC Rambah Olahraga Lari

ACTUAL
Laga Abad ini McGregor-Mayweather

Laga Abad ini McGregor-Mayweather

ACTUAL
World Taekwondo Championship 2017

World Taekwondo Championship 2017

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company