M. Fadli Berbagi Tips: Pentingnya Atur Suspensi Motor Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 24 June 2017

Pentingnya Atur Suspensi Motor Balap

SPORTKU.COM

Modifikasi kaki-kaki menjadi poin penting untuk menciptakan motor balap yang nyaman dikendarai. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pemasangan suspensi.

Suspensi menjadi salah satu bagian terpenting untuk sepeda motor. Tak terkecuali juga untuk motor balap. Settingan suspensi yang mumpuni menjadi yang paling utama. Tentunya settingan disesuaikan dengan kondisi trek dan karakter pebalap masing-masing.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat melakukan penyettingan suspensi balap. Pada dasarnya memang tak jauh berbeda dengan saat memasang suspensi pada motor harian. M. Fadli, mantan pebalap dengan penuh prestasi ini pun berbagi tips bagaimana setting suspensi motor balap.

"Yang paling awal disetting tahapan utamanya adalah tekanan angin pada ban. Karena bagaimana kita mau setting suspensi yang benar kalau tekanan angin pada ban saja sudah tidak benar. Dari situ beralih ke ukuran per, yang disesuaikan dengan berat badan si pebalapnya itu sendiri. Misalkan berat badan 60 kg harus memakai berapa lbs di spring-nya," ungkap Fadli.

Kondisi ini juga disesuaikan dengan merek ban yang dipakai. Karena setiap pabrikan memiliki ukurannya masing-masing. "Tiap ban punya kontruksi yang berbeda. Misal ban merek A dengan komposisi ban pakai kevlar, otomatis tekanan anginnya lebih rendah. Kalau pakai nilon ukuran anginnya lebih tinggi. Jadi sesuaikan saja dengan intruksi, ban sesuai dengan catatan pabrikan dan per sesuai dengan tabel berat badan masing-masing tim."

Jika tahapan pada mengatur tekanan angin ban dan setting per sudah selesai, maka tahapan berikutnya adalah tunning. Menurut Fadli, biasanya ada dua tahapan. "Kalau motor racing biasanya ada dua kompresi, low and hight. Kalau low biasanya untuk tekanan bobot dari atas ke bawah rendah. Kalau pengen cepat kompresi hight-nya yang disetting," imbuh Fadli.

Jika tekanan pada kompresi sudah diatur, maka langkah selanjutnya beralih ke rebound. Bagian ini sangat penting untuk pebalap agar bisa dengan mudah masuk dan keluar tikungan. Ada beberapa kiat yang harus dilakukan pada rebound, harus disesuaikan betul dengan kondisi trek, bumpy atau tidaknya lintasan.

"Rebound sangat sensitif, beda dengan kompresi. Kompresi mungkin lima sampai enam klik tidak terasa kalau kita tekan manual. Jadi motor harus sambil jalan, itupun harus dilakukan oleh pebalap yang sudah profesional. Biasanya kalau pebalap yang masih baru tidak bisa merasakan ini."

"Kalau rebound pengaruhnya sangat signifikan banget. Contohnya motor belum jalan dan kita tekan naiknya (kembali ke posisi semula) lama. Kita kurangin kliknya, makin cepat naiknya. Tapi kalau kita banyakin kliknya maka makin lama juga turunnya. Kalau terlalu keras, pada saat motor dikasih beban dia tidak mau naik lagi. Jadi tidak enak. Kalau terlalu lembek, saat masuk tikungan terus digas maka berasa bumpy."

Kebutuhan pebalap yang sering kali berbeda juga mempengaruhi settingan suspensi. Misalnya, pebalap A ingin motornya agak nunduk. Sementara pebalap B ingin motornya gak terlalu nunduk. Nah, hal ini bisa disetel melalui preload atau kekerasan per.

"Jadi intinya, tahapan setting suspensi pada motor balap dimulai dari ban, per, kompresi, rebound dan terakhir preloud. Atur suspensi pada motor balap memang sangat penting, bisa 50:50 dengan settingan mesin. Karena percuma punya motor kenceng tapi susah dikendalikan," pungkas Fadli.

Info tambahan, setting suspensi juga berpengaruh pada boros atau tidaknya ban saat digunakan untuk balap. Setting suspensi yang benar maka bisa menghemat penggunaan ban.

Baca Juga
Langkah Penting Saat Pasang Suspensi
Showroom Ohlins Indonesia Resmi Dibuka

  • facebook share

RELATED NEWS

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW
Mahalnya Biaya Balap MotoGP

Mahalnya Biaya Balap MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company