Apa yang Disantap Pesepeda Profesional?

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Andi Wahyudi | 5 June 2017

SPORTKU.COM

Nutrisi berperan besar dalam performa bersepeda. Nutrisi turut mempengaruhi seberapa banyak energi yang Anda keluarkan dan bagaimana Anda pulih setelah berlatih.

Makanan menjadi faktor yang sangat penting sehingga tim balap sepeda profesional menggunakan koki dan ahli gizi mereka sendiri untuk memastikan pebalapnya mendapatkan apa yang mereka butuhkan pada setiap makanan dan saat mereka bersepeda.

Hannah Grant, penulis The Grand Tour Cook Book dan sebelumnya sebagai koki tim pro Tinkoff-Saxo, menjelaskan, "Bila Anda membakar 4.000-6.000 kalori dalam sehari, mudah untuk memanjakan diri dengan memakan apapun yang Anda inginkan. Tapi pesepeda profesional harus profesional selama 24 jam sehari. Kapasitas kinerja tubuh dalam jangka panjang tergantung dari apakah “blok bangunannya” terbuat dari batang dan sayuran McDonald dan Mars, daging dan makanan super."

Lalu, apa yang harus disantap dan kapan?

Sebelum Bersepeda

Sarapan pagi memulai hari Anda dan jika Anda bersepeda di pagi hari. Itu menjadi bahan bakar untuk perjalanan Anda.

Pada saat pagi, mungkin sudah 12 jam sejak makanan terakhir Anda, dan semalam tubuh Anda menggunakan bahan bakar untuk memperbaiki otot Anda dan memasok glukosa ke otak Anda. Dalam konteks penurunan berat badan, orang yang menyantap sarapan dan kemudian makan lebih sedikit kalori di siang hari, lebih cenderung memiliki berat badan yang sehat.

Tujuannya adalah untuk memasukkan karbohidrat slow release, sumber protein dan setidaknya satu buah atau sayuran untuk meningkatkan profil nutrisi hari Anda.

Bahkan jika Anda sedang terburu-buru, ada banyak sarapan cepat yang bisa dimakan saat bepergian. Yang paling sederhana adalah smoothie.

Tiga Sarapan untuk Bersepeda:
1. Bubur yang dibuat dari susu atau kedelai dengan buah beri segar, pisang dan campuran biji
2. Orak-arik telur di roti gandum dengan tomat panggang
3. Smoothie - dibuat dari pisang, mentega kacang, susu dan gandum

 

Selama Bersepeda/Diperjalanan

Jika Anda bersepeda selama lebih dari satu jam, Anda perlu mengkonsumsi karbohidrat ekstra. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan minuman olahraga, bar dan gel. Namun makanan alami, seperti pisang dan buah kering, juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.
Tujuan Anda adalah mengkonsumsi 60g karbohidrat pada setiap jam berolahraga. Penting untuk tidak makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan, karena perut Anda akan berusaha mencernanya saat berolahraga dan ini akan menyebabkan mual atau sakit perut.

Tiga cara untuk mendapat asupan karbohidrat 60g:
1 pisang, 1 minuman energi 500 ml, 1 sereal bar
6 kurma kering, 1 minuman energy 500 ml
6 jelly babies, 2 fig rolls

 

Setelah bersepeda

Bila Anda selesai bersepeda, prioritas Anda sebaiknya mengganti energi yang dikeluarkan sehingga glikogen otot yang tersimpan terisi kembali dan menyediakan protein yang memadai untuk perbaikan otot. Makanan Anda perlu mengandung 20-40g protein dan sekitar 60-80gram karbohidrat.
Sebaiknya tambahkan banyak sayuran ke makanan untuk pemulihan. Hal itu baik untuk meningkatkan asupan karbohidrat dan juga untuk memastikan Anda mendapatkan berbagai nutrisi dan serat yang cukup untuk kesehatan usus.

Tiga Makanan untuk Pemulihan:
1. Kentang panggang dengan tuna dan salad
2. Dada ayam, nasi dan sayuran
3. Smoothie dengan selai kacang, yoghurt, pisang, biji chia dan buah segar

 

Baca juga:
TIP BEROLAHRAGA SELAMA RAMADAN

  • facebook share

RELATED NEWS

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

DID U KNOW
Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company