Hasil Penelitian: Bersepeda Bikin Panjang Umur

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: UCI | 6 June 2017

SPORTKU.COM

Dengan berjumlah sekitar dua miliar penggunanya di seluruh dunia, bersepeda merupakan salah satu kegiatan fisik yang paling populer di dunia.

Dr Zeljko Pedisic, Senior Research Fellow and Leader, Institute of Sport, Exercise and Active Living (ISEAL), Victoria University, Melbourne, Australia dan tim UCI memaparkan tentang bagaimana bersepeda bisa membuat  hidup lebih baik.

Di AS, survei National Sporting Goods Association tahun 2017 menemukan bahwa lebih dari 35 juta orang yang berusia tujuh tahun dan lebih mengendarai sepeda sebagai bagian dari kegiatan waktu senggang mereka.

Menariknya, dalam studi tahunan Physical Activity Council, yang melacak partisipasi olahraga, kebugaran dan rekreasi di AS itu, bersepeda ditemukan termasuk di antara tiga kegiatan teratas yang tidak pernah mereka ikuti dalam olahraga atau olahraga yang ingin dilakukan. Angka-angka ini menunjukkan potensi yang hebat untuk kesehatan dari bersepeda.

Sekelompok ahli epidemiologi dari Australia, Austria, Finlandia dan Inggris menyadari, walaupun ada bukti kuat dari banyaknya manfaat kesehatan dari aktivitas fisik, sedikit sekali yang diketahui tentang seberapa spesifik olahraga mampu mempengaruhi kesehatan.

Untuk memperkuat bukti tentang manfaat kesehatan dari bersepeda, olahraga raket, berlari, berenang, aerobik dan sepak bola, para peneliti menganalisis data tentang partisipasi dalam olahraga ini yang dikumpulkan dari 80.306 orang dewasa di Inggris.

Data survei dikaitkan dengan catatan kematian dari semua penyebab yang dikumpulkan selama sembilan tahun.

Para pesepeda, dalam sampel penelitian, memiliki kemungkinan 15% lebih kecil meninggal karena sebab apapun, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengendarai sepeda. Menariknya, hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa bersepeda pada tingkat intensitas yang dirasakan lebih rendah, berpotensi dikaitkan dengan sedikit pengurangan risiko kematian dini, daripada bersepeda pada intensitas tinggi.

Ini adalah temuan yang menggembirakan bagi para pesepeda yang senang mengendarai sepeda mereka dengan cara yang lebih “lembut”. Tapi pastinya tidak akan menurunkan motivasi orang-orang yang sesekali ingin menekan batasan mereka.

Temuan besar dari penelitian ini menunjukkan, bersepeda bukan hanya aktivitas waktu luang yang menyenangkan dan mode transportasi yang cepat, sejuk dan ramah lingkungan, namun juga cara sederhana untuk menuju gaya hidup sehat dan bisa hidup lebih lama.

Studi ini menunjukkan bahwa banyak individu cenderung menuai manfaat kesehatan yang besar dari bersepeda. Kita hanya bisa membayangkan seberapa besar dampak positif bersepeda terhadap kesehatan populasi, jika orang lebih banyak dan lebih sering bersepeda, oleh karena itu, di UCI, kami berharap individu dan pemerintah di seluruh dunia akan terinspirasi oleh penelitian ini dan inisiatif dukungan untuk mendapatkan lebih banyak orang di sepeda.

Baca juga
APA YANG DISANTAP PESEPEDA PROFESIONAL? 

  • facebook share

RELATED NEWS

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

DID U KNOW
Memahami Fungsi Utama Camber Ban

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

DID U KNOW
Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

DID U KNOW
Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company