Terlihat Sama, Ini Beda Gymkhana dan Freestyle

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono,Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 9 July 2017

Beda Gymkhana dan Freestyle

SPORTKU.COM

Di Indonesia mempunyai dua jenis olahraga yang cukup terkenal di masyarakat, yaitu freestyle dan gymkhana.

Freestyle dan gymkhana pada dasarnya memiliki perbedaan tersendiri. Namun untuk orang awam akan sangat sulit membedakannya. Perbedaan ini bisa dari jenis motor maupun gaya yang ditampilkan antara freestyle dan gymkhana.

"Freestyle itu lebih ke teknik permainan, atraksi, bermain. Kalau gymkhana lebih ke kecepatan. Di gymkhana itu, basic pesertanya harus bisa cornering dan harus bisa melakukan engine brake maupun hard brake, sliding, drifting," ungkap Jr. Eduard Laluw yang akrab disapa Royke dari Indonesian Stuntride Association (ISA).

Freetsyle, lanjut Isa, lebih ke pertunjukkan aksi. Lain halnya dengan gymkhana yang benar-benar mengejar kecepatan karena selama permainan dibatasi waktu. Gymkhana juga bisanya memiliki berbagai rintangan pada treknya. Berbeda dengan freestyle yang dilakukan di sirkuit tanpa hambatan sama sekali.

"Kalau di gymkhana murni ke kecepatan untuk mengejar waktu dan ditambah dengan berbagai rintangan di treknya. Dan pesertanya harus bisa melewati setiap rintangan tersebut. Kalau di freestyle, peserta harus bisa melakukan gaya wheelie, stoppie, burn out dan akrobatik," sambung Royke.

Isa menambahkan, pada umumnya pemain freestyle sudah pasti bisa mengikuti ajang gymkhana. Karena freestyler pasti bisa melakukan semua teknik pada olahraga gymkhana. Namun berbeda dengan pemain gymkhana. Jika dia murni pemain gymkhana, maka belum tentu bisa main freestyle.

"Kita juga sudah gencar menggelar gymkhana dan ternyata responnya jauh luar biasa. Karena kita bisa menarik komunitas road race, supermoto untuk main di gymkhana. Kita ingin melihat anak freestyle itu tidak hanya jago bergaya saja, tapi kita juga ingin mereka bisa main road race dan lainnya," tutup Royke.

Perbedaan antara freestyle dan gymkhana juga terletak pada motor yang mereka gunakan. Untuk freestyle kebanyakan menggunakan motor yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Akan tetapi kalau gymkhana bisa menggunakan motor standar keluaran pabrik. Gymkhana seperti halnya kompetisi safety riding.

  • facebook share

RELATED NEWS

Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW
5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company