SoftWheel Kembangkan Roda Bersuspensi

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : SoftWheel Technology,SoftWheel Technology | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Autoevolution | 7 June 2017

Roda Plus Suspensi

SPORTKU.COM

Roda mungkin satu-satunya penemuan yang hingga kini masih relatif sama, terlepas dari tidak terbuat dari kayu dan terbungkus karet lembut.

Produsen ban Hankook pernah memiliki beberapa gagasan. Tapi konsep tersebut belum pernah terealisasikan sampai hari ini.

Yang menarik, ada perusahaan lain yang benar-benar berhasil mengubah cara kerja roda, yang ditampilkan konferensi di kota sepeda Arnhem-Nijmegen, Belanda, pada 12 hingga 15 Juni mendatang.

Bernama SoftWheel, roda dengan konsep unik ini sebelumnya telah berada dalam fase konsep beberapa tahun yang lalu. Tapi perusahaan tersebut tampaknya telah melakukan upaya karena produk tersebut telah terwujud dan bekerja seperti yang dijelaskan.

Roda ini memungkinkan sebuah sepeda memiliki semua komponen suspensinya pada roda, dimana hub terhubung ke pelek melalui tiga peredam kejut. Perusahaan pembuatnya mengklaim ada sedikit getaran yang ditransmisikan ke rangka dan pengendara saat melewati medan kasar.

Sistem SoftWheel menggunakan tiga lengan suspensi yang dibuat di dalam pelek roda, berjarak jauh di sekitar hub, menyerap guncangan dari segala arah. Setelah terkena benturan, lengan suspensi dengan cepat mengatur hampir semua kejutan.

Setelah 1/3 putaran roda, tiga lengan suspensi berada dalam posisi default dan siap menghadapi benjolan berikutnya. Saat terjadi di permukaan yang halus, lengannya akan kaku dan berfungsi seperti jari-jari normal.

Perusahaan mengklaim pada benturan awal dengan benjolan, pengendara akan merasa G-force 50 persen lebih sedikit. G-force adalah gaya gravitasi pada bagian tubuh luar tertentu akibat kekuatan akselerasi/percepatan. Suspensi dalam roda menyerap semua kejutan di roda, jadi sepeda tidak terpental sama sekali dan tidak seperti sepeda biasa dengan garpu konvensional dan shock belakang.

Prinsip sistem ini juga bisa diterapkan pada kendaraan beroda lainnya, mulai dari kursi roda hingga sepeda motor bahkan mobil.

Jika Anda kebetulan berada di Belanda pada bulan Juni ini, Anda akan dapat melihat SoftWheel beraksi secara langsung di konferensi Velo-city.
Atau Anda bisa membeli sendiri dari distributor SoftWheel di seluruh dunia.

Roda bersuspensi dari SoftWheel yang diaplikasikan ke sepeda lipat
softwheel-kembangkan-roda-plus-303970e3d302623.jpg

 

Baca juga
SHIMANO AKHIRNYA BUAT QUICK-LINK RANTAI SENDIRI

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Polygon Raih Primaniyarta Award

Polygon Raih Primaniyarta Award

BUSINESS & TECHNOLOGY
Pelumas Pertamina Tembus Pasar Mesir

Pelumas Pertamina Tembus Pasar Mesir

BUSINESS & TECHNOLOGY
Pabrikan Sepeda Evil Peduli Kanker

Pabrikan Sepeda Evil Peduli Kanker

BUSINESS & TECHNOLOGY
Polygon Hadir di Outerbike

Polygon Hadir di Outerbike

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company