Arti dan Fungsi Bendera Merah Saat Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcycle-usa | Editor: Andi Wahyudi | 9 June 2017

SPORTKU.COM

Balap motor dikenal sebagai salah satu olahraga dengan risiko tinggi. Salah satunya adalah kecelakaan yang bisa kapan saja terjadi.

Di ajang balap sekelas MotoGP maupun kejuaraan balap lainnya, terdapat beragam corak bendera yang digunakan untuk mendukung gelaran balap. Dari setiap bendera itu pastinya memiliki peran dan fungsi masing-masing. Selain itu, bendera juga menjadi sarana komunikasi antar marshal dengan pebalap.

Salah satu yang dari sekian banyak bendera balap yang ada, red flag atau bendera merah mungkin menjadi salah satu yang dikenal publik. Bendera merah akan dikibaskan oleh petugas marshal apabila terjadi gangguan di lintasan selama balapan atau latihan berlangsung.

Ketika pintu keluar atau pit line ditutup, bendera merah digunakan sebagai penanda. Bendera merah harus terpasang di pit line. Pebalap tidak diizinkan keluar area pit line. Setiap pelanggaran bisa dijatuhi sanksi, bisa berupa denda, diskualifikasi, pembatalan poin atau suspensi.

Selain itu, bendera merah harus diperlihatkan di starting grid setelah warming up atau pemanasan. Fungsi lain dari bendera merah adalah sebagai tanda lintasan atau sirkuit dalam kondisi ditutup. Bendera merah juga akan digunakan jika ada insiden saat balapan berlangsung. 

Bila kecelakaan mengakibatkan pebalap tidak bergerak selama 10-15detik, maka bendera merah akan segera dikibaskan oleh marshal di setiap pos. Bendera merah yang dikibaskan saat balapan juga berarti memberikan instruksi kepada para pebalap untuk kembali ke area start/paddock.

Bendera merah pada saat sesi latihan bebas, kualifikasi, maupun pemasanan (warming up), berarti seluruh pebalap harus kembali ke waiting area.

Jika balapan harus dihentikan, baik karena ada kecelakaan, cuaca yang tidak mengizinkan atau munculnya situasi yang membahayakan apabila lomba diteruskan, maka Pimpinan Perlombaan akan mengangkat bendera merah di garis finish. Bersamaan dengan itu, sekaligus menginstruksikan kepada semua Petugas Pos Lintasan/Petugas Bendera (Flag Marshal) untuk mengibarkan bendera merah.

Keputusan untuk menghentikan lomba (dengan alasan apapun), merupakan wewenang Pimpinan Perlombaan atau Dewan Juri. Apabila Pimpinan Perlombaan tidak di tempat, dapat dilakukan oleh Wakil Pimpinan Perlombaan.

Jumlah lap yang telah diselesaikan ketika lomba dihentikan akan berpengaruh terhadap lomba tersebut, ketika dilanjutkan kembali.

Apabila lomba dihentikan ketika baru menyelesaikan 2 lap atau kurang maka:

1. Lomba sebelum dihentikan dinyatakan batal.
2. Semua pebalap yang mengikuti lomba dapat melakukan Restart.
3. Lomba setelah start, akan menempuh jarak atau jumlah lap sebagaimana ditentukan oleh Peraturan pelengkap perlombaan.
4. Posisi start masing-masing pembalap sama dengan posisi Start di awal lomba yang dihentikan.
5. Jika ada pembalap yang tidak melakukan restart, maka posisi gridnya dibiarkan tidak terisi.
6. Jika lomba tidak mungkin dimulai kembali, maka lomba tersebut dianggap tidak dilaksanakan dan para pembalap tidak mendapat point kejuaraan.
7. Restart harus sudah dilakukan selambat-lambatnya 30menit setelah penghentian lomba.

Apabila lomba dihentikan setelah diselesaikan 3 lap atau lebih, tetapi di bawah 2/3 dari jumlah lap atau jarak yang ditentukan dalam Peraturan Pelengkap Perlombaan, maka bagian dari lomba sebelum dihentikan dinyatakan sah dan merupakan bagian dari lomba secara keseluruhan. Hasil bagian sebelum lomba dihentikan diambil/dihitung saat para pebalap menyelesaikan lap secara penuh tanpa ada tanda BenderaMerah.

Dengan demikian maka :
1. Jumlah lap yang telah diselesaikan sebelum lomba dihentikan, menentukan jumlah lap yang harus ditempuh para pebalap ketika melanjutkan lomba.
2. Posisi/Peringkat para pebalap ketika lomba dihentikan, menentukan posisi start masing-masing pebalap ketika restart.
3. Pebalap yang diperbolehkan melakukan restart, adalah mereka yang tercantum dalam hasil lomba (bagian sebelum dihentikan).
4. Pebalap diperbolehkan melakukan perbaikan pada motornya.
5. Restart harus dilakukan selambat-lambatnya 30menit setelah lomba dihentikan atau segera setelah hasil lomba bagian pertama (sebelum dihentikan) diumumkan.
6. Posisi/peringkat para pebalap ditentukan oleh penjumlahan lap (yang diselesaikan) dan waktu tempuh (untuk menyelesaikannya) bagian lomba sebelum dengan sesudah lomba dihentikan.
7. Pemenangnya adalah pebalap yang menyelesaikan lap yang terbanyak dan waktu terpendek untuk menyelesaikannya.
8. Apabila restart tidak mungkin dilaksanakan dan lomba dinyatakan selesai sampai saat dihentikan, maka poin/nilai kejuaraan yang diberikan kepada para pemenang adalah setengah dari poin kejuaraan yang tercantum dalam Peraturan Pelengkap Perlombaan.

Apabila 2/3 dari jumah lap yang tercantum dalam Peraturan Pelengkap Perlombaan telah diselesaikan, maka:
1. Lomba dinyatakan selesai.
2. Posisi/peringkat pebalap ditentukan oleh hasil masing-masing pebalap s/d saat dihentikan.
3. Point/nilai kejuaraan diberikan secara penuh.

Jika dalam keadaan darurat (force majeure) berdasarkan penilaian Race Direction atau Pimpinan Lomba (Balapan tanpa Sistim Race Direction), akan berlaku ketentuan sebagai berikut:
Akan diadakan penundaan untuk 15menit Pertama, jika masih belum normal akan diadakan penundaan kedua yaitu selama 15menit lagi.

Jika masih belum normal akan berlaku ketentuan sebagai berikut:
a. Jika QTT tidak dapat dilaksanakan, Grid diambil berdasarkan hasil FP.
b. Jika Balap tidak dapat dilaksanakan hasil lomba diambil berdasarkan hasil QTT.

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company