Ini Alasan Helm Balap Lebih Mahal dari Helm Harian

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 29 June 2017

SPORTKU.COM

Berbicara soal helm, tentu bukan hanya mengenai alat untuk menutup kepala saat berkendara. Begitu juga helm yang sering digunakan untuk balap.

Ajang balap memang memiliki risiko tinggi. Kecelakaan bisa kapan saja mengintai mereka. Maka dibutuhkan alat pelindung yang mumpuni. Salah satu yang paling vital adalah helm. Jangan sembarangan menggunakan helm racing abal-abal yang ternyata tidak memiliki kualitas dan standar untuk kegiatan balap.

Memang, jika melihat label harga maka helm racing akan dibanderol lebih mahal dari versi helm harian. Akan tetapi, harga yang mahal tentunya sebanding dengan fitur dan safety yang ditawarkan pada helm tersebut. Maka untuk pebalap, jangan sampai terkecoh helm balap murah tapi kualitas murahan.

Produksi helm racing dan harian tentunya memiliki perbedaan signifikan. Perlu diketahui, helm harian tak dirancang untuk menahan benturan pada kecepatan tinggi. Lain halnya dengan helm racing yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kegiatan balap.

"Helm racing dan helm harian tentu memiliki perbedaan. Kalau untuk racing kita ada tambahan karbon kevlar pada lapisan shell atau cangkangnya. Kalau yang biasa cuma fiber atau plastik saja, tapi kalau untuk racing karena digunakan dalam kecepatan tinggi. Apa lagi seperti MotoGP, itu kan kita enggak pernah tahu kapan bisa jatuh, makanya ada tambahan karbon kevlar," ungkap Mugiyono, R&D PT Tara Kusuma Indah (TKI) produsen helm KYT.

Pada helm harian yang tidak dilengkapi dengan lapisan karbon kevlar karena untuk menekan harga. Maka wajar saja jika helm harian pasti lebih murah jika dibanding dengan helm untuk balap. Soal bobot, helm balap juga akan lebih ringan agar memberikan kenyamanan kepada para pebalap saat berada di sirkuit.

Perbedaan lainnya, menurut Mugiyono juga terletak pada tali helm. Di mana untuk helm balap sudah pasti menggunakan DD Ring.
Penggunaan DD Ring untuk menahan helm agar tidak mudah lepas jika terjadi kecelakaan. Namun helm harian masih menggunakan micromatic atau socket biasa.

"Kalau mesin untuk memproduksi helm balap dan harian sama, yang membedakan yang hanya itu dari bahannya saja. Kalau visornya sama antara helm balap dan harian," pungkas Mugiyono.

Baca Juga
KYT dan INK Luncurkan Helm Baru
NHK Uji Helm Balap dengan Visor Flat

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company