Kenapa ban IRC Gak Diekspor? Ini Alasananya

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 30 June 2017

SPORTKU.COM

PT Gajah Tunggal, sebagai produsen ban nasional memiliki tiga merek unggulan yaitu GT Radial (mobil) dan IRC serta Zeneos (motor).

Pada atahun 1951, PT Gajah Tunggal didirikan untuk memproduksi dan mendistribusikan ban luar dan ban dalam sepeda. Baru di tahun 1973, persetujuan bantuan teknis ditandatangani dengan Inoue Rubber Company (IRC), Jepang untuk memproduksi ban sepeda motor di Indonesia.

Sudah diproduksi sejak puluhan tahun silam, maka tak heran jika kini ban IRC sudah dikenal luas oleh masyarakat. Namun tahukah Anda, jika ban IRC hanya diproduksi untuk pasar di Indonesia saja. Lain halnya dengan GT Radial dan Zeneos yang juga dikebut produksinya untuk pasar ekspor.

Tenyata ada alasan tersendiri yang membuat ban IRC tak boleh dijual di luar negeri oleh Gajah Tunggal. "Kami memang gak boleh ekspor, karena yang memiliki lisensi ban IRC adalah Jepang langsung. Jadi kalau ekspor harus berdasarkan penunjukkan IRC Jepang," ungkap Arijanto Notorahardjo, Executive VP Marketing, Sales MC & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

"Jadi kami hanya mengekspor ban IRC ke negara yang mereka tunjuk, seperti di Filipina tapi ya tidak banyak jumlahnya. Jadi IRC itu juga memiliki pabrik di Jepang, Vietnam, Thailand dan Indonesia," sambung Arijanto, pria yang dikenal ramah kepada awak media.

Pabrik IRC yang berada di Tangerang kini memiliki kapasitas produksi hingga 90 ribu ban per hari. Dari jumlah tersebut, ban yang diekspor sangat kecil yakni hanya sekitar 60 ribuan dalam satu bulan. "Ekspor masih sangat kecil untuk kapasitas produksi yang mencapai 2,5 juta per bulan," tutup Arijanto.

Baca Juga
Ban Terbaru IRC Radial Untuk Motor Sport
Beda Helm Balap dan Harian

  • facebook share

RELATED NEWS

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW
Mahalnya Biaya Balap MotoGP

Mahalnya Biaya Balap MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company