Transformasi Kemudi Mobil Formula 1 dari Tahun ke Tahun

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 14 June 2017

SPORTKU.COM

Teknologi yang semakin berkembang memaksa para engineer mobil F1 untuk terus berinovasi, salah satu lewat lingkar kemudi alias setir.

Terlihat ringkas dan sporty, sejarah lingkar kemudi mobil F1 sudah berjalan sejak berpuluh-puluh tahun silam. Jika dibandingkan sejak pertama kali digelar,setir mobil Formula 1 tidak lebih dari sekadar kayu melingkar seperti mobil biasa. Namun, seiring berjalannya waktu, para engineer serta regulasi FIA terus berimprovisasi untuk memberikan fitur yang lebih lengkap pada lingkar kemudi.

Di awal balapan, lingkar kemudi hanya sebatas alat untuk membelokkan roda. Tidak ada tombol lain, yang ada hanya palang tiga sebagai penambah kesan sporty pada lingkar kemudi dengan bahan dasar kayu dan alumunium. Berlanjut ke tahun berikutnya, dimana lingkar kemudi mulai berubah secara signifikan. Saat itu, engineer baru menambahkan fitur pemutus arus daya, hal ini dimaksudkan ketika terjadi kecelakaan driver bisa langsung mematikan mesin kendaraan.

Barulah di tahun 1978, teknologi lingkar kemudi mobil Formula 1 mulai semakin rumit. Di samping itu, di masa keemasan F1 tersebut setir mobil akhirnya bisa dilepas atau biasa disebut sebagai quick release. Ini merupakan fitur penting yang memberikan kemudahan bagi pebalap saat keluar masuk kokpit. Tentunya, selain fitur quick release, di tahun 1980-an juga diperkenalkan dua tombol baru yang membuat kemudahan bagi pebalap.

Tim McLaren menyematkan dua tombol baru yakni tombol boost (berwarna merah) dan tombol radio berwarna hijau. Namun, dari sisi dimensi setir mobil di tahun tersebut masih belum berubah, masih berbentuk bulat dengan tiga palang di tengahnya.

Masuk ke era 1999, di mana era ini merupakan masa kejayaan pebalap Mika Hakkinen yang bergabung bersama McLaren. Bentuk lingkar kemudi yang diperkenalkan tahun tersebut mulai mengalami perubahan bentuk. Jika sebelumnya bulat, di era ini bentuknya lebih menyerupai sayap kupu-kupu dengan berbagai macam tombol yang disematkan. Adapun fitur yang mereka sematkan antara lain adalah fitur pedal shift, dimana ini menjadi terobosan paling mewah di balapan Formula 1.

Tidak hanya itu, dalam era 1999, lingkar kemudi juga telah disematkan dua fungsi utama tambahan yakni speed limit yang bisa digunakan ketika masuk pit lane dan traction control. Berkat penambahan dua fitur tersebut, inovasi ligkar kemudi terus berlanjut. Setelah era tersebut, inovasi masih terus dilakukan. Akhirnya pada 2008, kemudi setir mobil Formula 1 terlihat lebih futuristik. Desain pun mengalami perubahan, dan lebih ergonomis kepada pebalap.

Di era tersebut, kemudi setir menjadi lebih kompleks. Pasalnya, tim menanggalkan tombol yang ada di sadhboard dan menyematkannya di lingkar kemudi. Hal lain yang mendasari perpindahan tersebut adalah untuk memangkas bobot pada mobil sehingga menjadi lebih ringan. Adapun tambahan tombol lainnya adalah pengaturan differensial yang semakin memudahkan pebalap ketika dapat perintah dari pit.

Kemudian di tahun 2014, setir mobil F1 semakin modern berkat penyematan layar di tengah kemudi. Selain itu, ada pula lampu indikator sebagai penanda rpm mesin. Adapun penambahan tombol yang disematkan adalah pengaktifan sistem DRS, dimana pebalap semakin dimudahkan dalam pengoperasiannya.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Malaysia Kembali ke Formula 1?

Malaysia Kembali ke Formula 1?

FORMULA 1
Toto Wolff Salahkan Sebastian Vettel

Toto Wolff Salahkan Sebastian Vettel

FORMULA 1
Pebalap Force India Dapat Peringatan

Pebalap Force India Dapat Peringatan

FORMULA 1
Bos Ferrari Abaikan Kritikan Mercedes

Bos Ferrari Abaikan Kritikan Mercedes

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company