Cara Mudah Merawat Baju Balap, Bisa Pakai Body Lotion

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2017

SPORTKU.COM

Biasanya sebagai seorang pebalap, hanya fokus untuk bisa meraih hasil terbaik. Syukur-syukur bisa finish di atas podium.

Tapi ternyata tugas seorang pebalap bukan hanya soal penampilannya di sirkuit. Tapi juga bagaimana membuat segala sesuatunya terjaga dengan rapi dan terawat dengan baik. Salah satu yang harus diperhatikan adalah perawatan wearpack atau baju balap.

Merawat baju balap memang gampang-gampang susah. Butuh sentuhan khusus. Namun ada tips khusus yang jitu banget nih agar baju balap sobat riders gak gampang rusak. Ternyata cukup mudah kok dan gak sulit kok untuk membuat penampilan wearpack tetap kinclong.

"Kalau habis dipakai buat balap, semprot saja pakai anti bakteri. Anti bakteri banyak kok di toko dan gak susah nyarinya. Lalu digantung sembari diangin-anginkan. Lebih baik jangan langsung terkena sinar matahari," ungkap Wahyu Aji kepada SPORTKU.com.

Lalu soal penyimpanan baju balap juga ada tips khususnya. Jangan asal taruh wearpack di lemari. Ingat, baju balap biasanya terbuat dari bahan kulit yang memang butuh cara khusus untuk merawat maupun menyimpannya.

"Sebelum disimpan, pastikan wearpack tidak berkringat atau basah, bungkus dengan bungkus wearpack-nya. Bisa dilipat atau lebih baik lagi digantung dan taruh pada tempat yang tidak berlembab. Atau taruh di tempat yang masih bisa terkena udara," sambung Wahyu Aji.

"Kalau baju balap terkena kotoran, dilap saja pakai air atau sikat gigi. Setelah itu diangin-anginkan saja, jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari. Agar gak bau, sering dicuci bagian dalam wearpack," imbuh Wahyu Aji yang juga pebalap andalan Yamaha Indonesia di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC).

Tips lain cara merawat baju balap juga diberikan oleh Harlan Fadhillah. Pebalap yang saat ini tergabung dengan tim Honda Wahana Federal Oil Racing Team tersebut punya cara jitu untuk merawat baju balap dengan biaya murah.

"Gampang kok ngerawat baju balap. Habis dipakai dilap saja dengan kain basah lalu dikasih lotion. Lotion biasa bukan lotion khusus, bisa pakai hand and body lotion. Itu versi murahnya. Kalau mau yang lebih bagus, beli merk yang bagus seperti yang dipakai buat perawatan jok kulit mobil. Ada yang berbentuk foam atau gel," jelas Harlan.

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company