McLaren Putuskan Kerjasama dengan Honda Sebagai Pemasok Mesin

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : McLaren Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 14 June 2017

SPORTKU.COM

Kekecewaan McLaren atas performa mesin Honda di Formula 1 sungguh memprihatinkan. Akhirnya, nasib mereka berada di ujung tanduk.

Asa McLaren untuk tampil lebih baik dari tahun lalu ternyata cuma isapan jempol belaka. McLaren, sebagai salah satu tim yang diperhitungkan tahun ini kehilangan banyak momen berharga. Kini, tim yang menaungi Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne, masih berada di posisi juru kunci, kalah dengan Sauber yang merupakan tim papan bawah. Keterpurukan tersebut disebabkan karena kurang kompetitifnya mesin Honda sepanjang musim 2017 ini. Ya meskipun di 2016 lalu masih belum bisa mengejar tim lain, tapi hasil tahun lalu tidak seburuk tahun ini.

Berdasarkan catatan, dari tujuh seri yang digelar, Fernando Alonso hanya satu kali finish. Itupun dengan catatan, pebalap kelahiran Spanyol ini menuntaskan balapan di posisi 12. Coba sebut satu persatu seri yang diikuti oleh Fernando Alonso; Australia, China, dan Bahrain, menjadi tiga seri pembuka yang kurang mengenakan bagi Alonso, pasalnya Ia gagal dalam mencapai garis finish. Itu belum seberapa, yang paling apes adalah ketika balapan berlangsung di Sochi Autodrom, Rusia. Saat formation lap berlangsung, Alonso justru tersungkur sesaat balapan akan dimulai.

Dengan keterpurukan tersebut pastinya membuat McLaren kecewa. Karena sebagai tujuan utama tim, mereka ingin pebalapnya naik podium dan menyumbangkan kemenangan. Jadi tidak heran jika hari ini Dailymail menulis bahwa McLaren akan menyudahi kerjasama antara timnya dengan Honda. Hal ini juga ditengarai habisnya kesabaran petinggi McLaren.

"McLaren mengerti bahwa mereka akan menurunkan mitra mesin saat ini, Honda, setelah kesabaran dengan pembuat mesin Honda tidak kompetitif dan tidak dapat diandalkan," tulis Dailymail dalam laporannya Rabu (14/6).

Sebagai langkah antisipasi, ada yang mengatakan bahwa nantinya McLaren akan kembali bermitra dengan Mercedes sebagai penyuplai mesin. Meskipun dilaporkan bahwa McLaren mengalami kerugian 90 Juta Euro, namun jika kerjasama ini deal, bukan tidak mungkin akan memberikan keberhasilan bagi McLaren. Setelah itu, mereka akan mengumumkannya saat libur musim panas pada akhir Juli atau awal Agustus.

Bayangkan jika McLaren masih terus menggunakan mesin Honda, dengan hasil yang jauh dari harapan bukankah nantinya McLaren akan jadi bahan tertawaan tim lain? Jangan salah, McLaren ini merupakan tim kuat yang telah membawa pulang delapan kali kejuaraan konstruktor (1974, 1984, 1985, 1988, 1989, 1990, 1991 dan 1998).

Bukan hanya mengenai bahan tertawaan, pebalap utama mereka, Fernando Alonso, telah menggertak tim bahwa jika tidak ada kemajuan dirinya lebih memilih hengkang dan pensiun dari Formula 1. Seperti kita ketahui, McLaren sangat tidak ingin kehilangan Alonso, oleh karenanya, menarik Mercedes untuk menjadi penyuplai mesin mereka. "Sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan kekecewaan, frustasi dan ya kesedihan kita," jelas Eric Boullier.

Namun jika merunut ke belakang, kerjasama antara McLaren dan Honda bukan tiga tahun belakang ini, melainkan sudah terjadi sejak era Ayrton Senna. Selain itu, Lewis Hamilton pun pernah menjadi juara Formula 1 tahun 2008 bersama McLaren. Selama tiga tahun menggunakan mesin Honda, McLaren belum pernah finish lebih tinggi dari lima besar sampai saat ini. Jika memang mesin Honda bermasalah, dan prinsipal memutuskan untuk kembali menggunakan mesin Mercedes, tentu ini akan sangat menarik untuk disimak.

Baca juga
Fernando Alonso Kecewa!
McLaren Kritik Mesin Honda

  • facebook share

RELATED NEWS

Milan Masih Mencari Jati Diri

Milan Masih Mencari Jati Diri

TOPIC OF THE WEEK
Slalom Masuk Agenda PON

Slalom Masuk Agenda PON

TOPIC OF THE WEEK
Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

TOPIC OF THE WEEK
Bila Liga 1 Bubar

Bila Liga 1 Bubar

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company