Amankah Oli Racing Digunakan Untuk Sepeda Motor Harian?

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 2 July 2017

Amankah Oli Racing Untuk Harian?

SPORTKU.COM

Pernah terpikirkan gak, bisakah oli racing dipakai untuk motor harian? Lalu bagaimana menurut produsen pelumas mengenai hal ini? Berikut penjelasannya.

Sesuatu yang berhubungan dengan dunia balap atau racing selalu menjadi acuan paling mutakhir. Karena ada anggapan jika sesuatu sudah terbukti mumpuni untuk dunia balap, maka juga akan lebih bagus untuk diterapkan pada penggunaa harian.

Karena anggapan tersebut, maka kadang apa yang dipakai di dunia balap diterapkan pada motor harian. Padahal banyak part atau komponen motor racing yang tidak direkomendasikan untuk dipakai harian. Seperti halnya pelumas atau oli.

"Sekarang balik lagi ke rekomendasi si mesin apa? Misalnya gini, ada motor yang direkomendasikan pakai oli 10W30, terus pakai 5W30 (racing) ya sayang sebenarnya. Karena memang rekomendasi untuk motor harian 10W30. Kalau misalkan dipaksa pakai yang 5W30, terlalu encer. Membuat mesin menjadi lebih cepat panas," ungkap Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube.

Pada dasarnya, motor harian penggunaannya tidak untuk kecepatan tinggi. Untuk itu pelumasnya juga tidak membutuhkan yang terlalu encer. Kata Ivan, lain halnya dengan motor balap yang membutuhkan kecepatan tinggi. Untuk itu motor balap memang membutuhkan pelumas dengan kadar keenceran tinggi.

"Motor harian penggunaannya kombinasi, sementara motor racing ditujukan untuk putaran tinggi. Nanti akhirnya kalau motor harian pakai pelumas racing jadi useless. Beli oli racing sudah mahal dipakai pada mesin motor harian juga belum tentu bisa optimal. Bukan karena olinya jelek, tapi karena memang spesifikasinya tidak cocok peruntukannya," imbuh Ivan.

"Jadi kalau menurut saya, kembali lagi ke buku manual dari kendaraan tersebut. Lihat rekomendasi pabrikan yang dibutuhkan oli seperti apa. Tinggal konsumen mau pakai yang pelumas semi sintetik atau full sintetik, itu pilihan dari kantong masing-masing. Karena yang full sintetik pasti lebih mahal," beber Ivan.

Sambung Ivan, konsumen pun harus cukup cerdas sebelum membeli oli. Jangan sampai terkecoh dengan label yang disematkan pada botol pelumas. Jika berbicara oli racing, pada kemasan yang tertulis racing pun belum tentu oli yang terkandung didalamnya memiliki spesifikasi untuk balap.

"Ada oli yang judulnya racing, itu hanya judul saja juga bisa. Tapi belum tentu itu oli cocok buat racing, karena racing itu bisa saja hanya menjadi gimmick. Intinya oli racing bisa saja dipakai untuk motor harian, tapi harga olinya terlalu mahal dan itu sayang bisa menguras dompet. Tapi itu pilihan," tutup Ivan.

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company