Apa Sepeda Yang Tepat untuk Triathlon?

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 16 June 2017

SPORTKU.COM

Bersepeda (cycling) menjadi cabang olahraga wajib yang dilombakan dalam triathlon. Peserta ditantang untuk menempuh rute yang lebih dari 20km. 

Untuk bisa menyelesaikan jarak tersebut dengan baik dan efektif, tentu diperlukan sepeda yang tepat, selain fisik tentunya. Tepat yang dimaksud di sini adalah jenis sepeda yang digunakan.

Untuk triathlon, sepeda yang disarankan untuk digunakan adalah jenis road bike. Namun, dengan berkembangnya regulasi race triathlon dan teknologi sepeda, ada rider yang kemudian menggunakan sepeda Time Trial (TT) atau aero bike, yang dari sisi harga, umumnya lebih mahal dari road bike. Lantas bagaimana menentukan sepeda saat mengikuti race triathlon?

Menurut Fajar Arifan, yang aktif mengikuti race triathlon, sepeda yang digunakan dalam triathlon, pada dasarnya, adalah jenis sepeda balap atau road bike. Tapi kini ada beberapa race yang juga memungkinkan untuk menggunakan jenis TT untuk mendapatkan keuntungan atau bahkan menjadi pemenang.

Untuk itu, dalam menggunakan sepeda sepeda Fajar menyarankan untuk memperhatikan dua hal, yaitu regulasi lomba dan kondisi track (lintasan).
Regulasi race triathlon apakah race yang akan diikuti ini termasuk non-drafting atau drafting. Bila non-drafting, maka Anda bisa saja menggunakan sepeda TT yang, biasanya, akan lebih menguntungkan. Bila tidak, maka Anda bisa menggunakan road bike.

Mengenai kondisi track, fajar menyarankan bahwa kita harus mengetahui kondisi lintasan yang akan dilalui, apakah lintasan tersebut tergolong rolling (lurus) atau wheelie (technical). Bila track tergolong wheelie, disarankan menggunakan road bike endurance. Sebab, hal itu akan membuat kita jadi lebih mudah saat handling sepeda, yang akhirnya lebih efisien terhadap energi yang dikeluarkan dan waktu yang dicapai.

Akan tetapi ada juga race non-drafting, tapi ternyata kondisi lintasannya justru lebih sesuai jika menggunakan road bike.

Terlepas dari itu, Fajar menyarankan bagi yang ingin mendalami triathlon untuk memiliki road bike yang sesuai. Sebab sepeda ini bisa digunakan untuk semua race regulasi dan lebih menguntungkan di track wheelie.

“Kalau sudah sering ikut race non-drafting, barulah boleh menggunakan sepeda TT,” ungkap Fajar.

Fajar sendiri saat ini menggunakan dua sepeda dengan tipe yang berbeda, yakni BMC Gran Fondo dan BMC Time Machine 01.

Fajar Arifan

fajar-alexa-adi--16906b4ab150e49.jpg

 

Baca juga:
TIP BEROLAHRAGA SELAMA RAMADAN
TIP BEROLAHRAGA TRIATHLON BAGI PEMULA 

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company