Perbedaan AMA Supercross dan MXGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 16 June 2017

SPORTKU.COM

Ajang balap motocross menjadi salah satu yang terpopuler di dunia. Ada dua balapan garuk tanah paling bergengsi di muka bumi ini.

Berbicara soal eksistensi balap motocross, dua kejuaraan ini sepertinya layak diperbincangkan lebih mendalam. Adalah Motocross Grand Prix (MXGP) dan AMA Supercoss. Keduanya memang seperti dua sisi mata uang yang berbeda. Sama-sama balapan motocross tetapi memiliki status yang berbeda.

Selain sama-sama sebagai ajang balap motocross bergengsi di dunia, baik MXGP dan AMA Supercross juga digelar berseri dan dengan sistem poin. Sistem poin yang diakumulasi di akhir seri akan menyaring satu nama pebalap sebagai juara umum. Juara umum tentunya adalah crosser dengan jumlah poin tertinggi.

Berikut perbedaan dari MXGP dan AMA Supercross yang dirangkum SPORTKU.com:

1. MXGP
MXGP merupakan balapan motocross dengan kasta tertinggi di dunia. Jika di ajang road race adalah MotoGP. Maka MXGP dan MotoGP memiliki tingkat yang sama di bawah naungan FIM. Keduanya memiliki kedudukan sebagai kejuaraan dunia dengan masing-masing genre.

MXGP digelar sejak tahun 1957 silam. Sejak puluhan tahun lalu, MXGP telah mengalami berbagai modifikasi. Saat pertama kali dihelat di tahun 1957 tersebut, FIM hanya melombakan kelas 500cc. Sebelum tahun 1957, kejuaraan ini dikenal sebagai Kejuaraan Eropa (European Championship).

Namun seiring perkembangan zaman, kelas yang dilombakan terus mengalami perubahan. Pada tahun 1962, FIM menambahkan kelas baru 250cc. Di tahun 1975, FIM membuat langkah strategis dengan kelas baru 125cc.

Pada tahun 2002, FIM membuat regulasi baru untuk menyempurnakan kelas yang dilombakan. Perubahan teknologi mesin menjadi pemicu lahirnya kelas-kelas baru. Pada tahun tersebut, FIM memulai era baru dengan mesin 4-tak yang ramah lingkungan.

Kelas baru MX1 menjadi kelas utama, memungkinkan para crosser untuk menggeber mesin 2-tak hingga 250cc dan mesin 4-tak sampai 450cc. Kelas MX2 memungkinkan mesin 2-tak sampai dengan 125cc dan 4-tak sampai batasan 250cc. Sementara Kelas MX3 memungkinkan mesin 2-tak sampai 500cc dan mesin 4-tak sampai 650cc.

Sejak tahun 2014 hingga saat ini, kelas utama menyandang nama MXGP. Kelas tersebut membawahi dua kelas di bawahnya yakni MX2 dan kelas wanita Women MX.

2. AMA Supercross
Kejuaraan ini berada dibawah naungan American Motorcyclist Association (AMA). AMA Supercross sudah berlangsung sejak tahun 1974 silam. Gelaran AMA Supercross selalu diadakan pada bulan Januari hingga Mei pada setiap tahunnya. Digelar berseri, namun AMA Supercross hanya dilaksanakan di wilayah Amerika. Berbeda dengan MXGP yang serinya digelar di berbagai negara.

Menariknya, AMA Supercross menggunakan sirkuit tertutup alias stadion. Jadi bukan seperti MXGP yang menggunakan trek di tempat terbuka. Dihelat di dalam stadion membuat daya tarik AMA Supercross melebihi motocross pada umumnya. Karena balapan digelar tanpa terik matahari yang menyengat.

Pada awal digelar tahun 1974 dan 1975, ada kelas 500cc dan 450cc yang dilombakan. Balapan supercross menjadi sangat populer di Amerika dan digelar secara reguler. AMA bahkan sampai mensponsori tiga kelas Kejuaraan Supercross setiap tahunnya. Mulai kelas 450cc (dikenal sebagai 250cc 2-tak), dan kejuaraan kelas 250cc divisi timur dan barat (dikenal sebagai 125cc 2-tak).

Klasifikasi balap supercross diatur oleh perpindahan mesin motor berdasarkan mesin 2-tak sampai tahun 2006, karena mesin 4-tak menggantikan mesin 2-tak. Sejak saat itu, AMA telah memberi label pada kelas dengan perpindahan mesin 4-tak.

Dari tahun 2007 sampai 2012, sebuah regulasi mirip dengan Indycar digunakan, dengan kelas 450cc yang dikenal dengan Supercross dan 250cc sebagai Supercross Lites. Mulai tahun 2013, AMA dan Feld Motor Sports kembali ke aturan tradisional, berdasarkan mesin 4-tak 450cc (dikenal dengan kelas MX1 di Eropa), dan tingkat perpindahan 250cc (dikenal kelas MX2 di Eropa). Hingga kini menjadi hanya kelas 450cc dan 250cc. Juara umum di kelas 450cc dianggap paling bergengsi.

Baca Juga
Cara Mudah Merawat Baju Balap, Bisa Pakai Body Lotion
Arti dan Fungsi Bendera Merah Pada Balap

  • facebook share

RELATED NEWS

Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW
5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company